TIFF Jangan Sekadar Seremoni, Harus Ada Peningkatan Perekonomian

Pemerintah Kota Tomohon akan menghelat Tomohon International Flower Ferstival (TIFF) Agustus 2015 mendatang.

TIFF Jangan Sekadar Seremoni, Harus Ada Peningkatan Perekonomian
NET
Ilustrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Pemerintah Kota Tomohon akan menghelat Tomohon International Flower Ferstival (TIFF) Agustus 2015 mendatang.

TIFF diharapkan tidak hanya sekadar acara sermonial saja. Perhelatan acara internasional itu bisa ikut memberdayakan masyarakat yang nantinya bisa meningkatkan taraf ekonomi.

Demikian harapan Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Sulut Luchtor Tapiheru usai pertemuan dengan Jimmy Eman di Kantor Walikota Tomohon, Senin (9/3).

"TIFF tidak bicara seremoni saja, diharapkan memberikan pemberdayaan masyarakat membuat kesejahteraan meningkat, sehingga dukungan event ini berasal dari masyarakat, sehingga deklarasi Tomohon sebagai kota bunga ada gaungnya," ujarnya kepada wartawan usai pertemuan dengan Walikota.

BI pun siap mendukung TIFF. Dukungan bisa langsung disasar ke kelompok petani bunga. Bentuk pemberdayaan nanti diharapkan bisa membantu petani menghasilkan bunga untuk TIFF

"Bentuk konkritnya seperti apa, saya kira kita minta masukan ke pemerintah kota Tomohon. Kita siap bantu," ungkapnya.

Arahnya nanti kata Tapiheru, Bunga yang dihasilkan Tomohon tidak hanya jadi konsumsi sendiri, tapi bisa dipasarkan keluar daerah "Butuh konsistensi dan komitmen bersama untuk mewujudkannya," sebut dia.

Walikota Jimmy Eman mengungkapkan, pertemuan tersebut sebenarnya tak hanya fokus kepada TIFF tapi lebih ke pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah

"Bentuknya akan seperti pemberdayaan kelompok, jadi bukan hanya TIFF saja," katanya.

Bentuk pemberdayaannya kata akan dibicarakan lebih konkrit, namun Eman mengharapkan bantuan nanti sebaiknya bukan hanya sifatnya pembiayaan, yang ada bunga kecil kemudian harus dikembalian. Tapi akan lebih baik pemberian dana bergulir.

"Menyangkut TIFF BI sudah menyampaikan akan ikut serta mensupoort," pungkasnya.(tribun manado/ryo noor)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved