Breaking News:

Eksotisnya Pulau Gangga dan Pulau Lihaga di Minahasa Utara

uasana tenang, nyaman, damai terasa di Pulau Gangga ketika Tribun Manado berkunjung di desa Gangga Satu Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minut.

Penulis: Maickel_Karundeng | Editor:
ISTIMEWA
Pulau Lihaga 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Suasana tenang, nyaman, damai terasa di Pulau Gangga ketika Tribun Manado berkunjung di desa Gangga Satu Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sabtu (28/2).

Perjalanan menuju Pulau Gangga dari Airmadidi menuju pelabuhan Desa Serei kurang lebih 1 jam 20 menit dengan menggunakan motor atau mobil. Setibanya di pelabuhan Serai harus pindah transportasi menggunakan kapal yang bermuatan kurang lebih 20 orang dewasa.

Waktu yang ditempuh dari Serei menuju Gangga kurang lebih 25-30 menit menggunakan kapal. Pemandangan bawah laut dan keindahan alam tersaji saat kapal mulai berangkat, keindahan laut serta pulau Lihaga dan Gangga terlihat dari atas kapal.

Setibanya di Desa Gangga Satu Tribun di terima Hukum Tua Jenny Manembang yang begitu ramah. Hukum Tua mengatakan kehidupan dan aktivitas masyarakat desa Gangga Satu aman dan terkendali tanpa adanya kasus-kasus baik perkelahian, pencurian, panah wayer dan lainnya.

Dikatakan Jenny, Desa Gangga Satu memiliki 1 SD, 1 SMP, dan 1 SMK sehingga anak-anak di palau Gangga wajib untuk menimba ilmu disekolah mulai dari SD sampai SMK.

Tribun berkesempatan mengelilingi pulau Gangga walaupun tidak semuanya tapi ke indahan alam pantai dan pulaunya sangat bagus. Selain itu, masyarakatnya sangat ramah menyambut tamu luar pulau yang berkunjung.

Keindahan pasir putih serta pantai yang biru membuat lokasi ini menjadi tujuan para turis lokal, nasional, dan internasional.

Pulau yang eksotis ini untuk pasokan listrik hanya 6 jam saja mulai pukul 18.00 Wita sampai dengan pukul 01.00 Wita. Jadi pada siang hari masyarakat tidak menikmati pasokan listrik.

Kebetulan Desa Gangga mendapat bantuan mesin genset lewat kerja sama Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado bersama Pemkab Minut. Bahan bakar genset bisa menggunakan serabut kelapa atau bahan bakar terutama memanfaatkan sumber daya alam yaitu serabut kelapa. Kapasitas alat ini dapat menghasilkan 10 ribu Watt yang dapat digunakan saat listrik padam atau kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Kehidupan masyarakat Desa Gangga Satu sebagian besar adalah nelayan. Selain nelayan masyarakat Gangga Satu memiliki seorang anggota dewan Minut Moses Corneles yang merupakan satu-satunya anggota dewan berasal dari pulau. Sementara anak-anak di Pulau Gangga ini tidak sama seperti anak-anak di perkotaan saat bermain dengan gadget atau smartphone tapi anak-anak di Gangga bermain game tradisional yang suasananya sangat berbeda jauh.

Setelah mengunjungi beberapa tempat di pulau Gangga, Tribun berkunjung di Pulau Lihaga yang memiliki pasir putih dan keindahannya mulai terdengar di dunia. Pulau Gangga dan Pulau Lihaga berdekatan kira-kira 10 menit menggunakan kapal. Setibannya dilokasi terdapat beberapa kapal sedang parkir menunggu para tamu baik lokal dan nasional sedang liburan di pulau Lihaga.

Banyak muda-mudi berada di pulau Lihaga untuk mengabadikan lewat kamera bahkan video mengenai keindahan alam pulah Lihaga. Sungguh indah ciptaan Tuhan yang dapat kita nikmati termasuk pulau-pulau di Minahasa Utara termasuk pulau Gangga dan Lihaga.

Kifly satu diantara pengunjung pulau Lihaga asal Jawa berkata senang dan sangat bahagia menginjakan kaki serta melihat langsung keindahan pulau Lihaga. "Teman saya yang merekomendasikan untuk mengunjungi pulau Lihaga karena katanya pulau ini sangat eksotik," ujarnya.

"Pulau Lihaga adalah satu diantara pulau terindah yang ada di dunia karena pasir putihnya serta warna air lautnya menjadi daya tarik para turis baik lokal dan internasional. Bahkan saya ingin tinggal beberapa hari disini menikmati keindahanya tapi perlengkapan tidak cukup sehingga harus kembali," ungkap Kifly menutup pembicaraan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved