Yakin Karier Anda Bagus? Inilah Tanda Anda Akan Dipecat!

Jika suasana kerja sudah tidak menyenangkan lagi, terkadang Anda tidak bisa langsung merasakannya.

Yakin Karier Anda Bagus? Inilah Tanda Anda Akan Dipecat!
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika suasana kerja sudah tidak menyenangkan lagi, terkadang Anda tidak bisa langsung merasakannya. Tanda-tanda Anda akan dipecat tidak selalu jelas terlihat, karena biasanya hadir secara tersirat dan tidak terduga.

Menurut Vicki Salemi, pakar karier dan penulis buku Big Career in the Big City, setidaknya ada 5 tanda-tanda yang merefleksikan bahwa Anda akan kehilangan pekerjaan. Berikut uraiannya:

1. Pekerjaan Anda Mulai "Sepi"
Salemi menjelaskan, bila seseorang dalam tim Anda melakukan pekerjaan yang biasa Anda lakukan atau atasan mulai mendelegasikan pekerjaan yang biasa Anda kerjaan pada orang lain, ini merupakan sinyal jelas Anda akan dipecat. Biasanya kondisi ini berlangsung perlahan, sebagai pertanda bahwa atasan ingin mereformulasikan perusahaan atau tim kerja tanpa melibatkan Anda.

Hal yang sama juga terjadi apabila Anda bekerja dengan sistem kerja gilir atau shift. Jika Anda diberi shift kerja yang lebih pendek, Anda harus mulai berhati-hati. "Jika Anda tidak tahu apa alasannya, mungkin atasan ingin memasukkan orang baru. Mungkin juga kinerja Anda kurang memuaskan. Anda bisa dengan sopan menanyakan kepada atasan tentang alasan pengurangan shift Anda," jelas Salemi.

2. Rekan Kerja Mulai Menghindari Anda
Ada orang yang susah menyimpan rahasia. Jika rekan kerja mengetahui bahwa Anda akan dipecat, biasanya rekan kerja tersebut tak mampu bersikap normal di hadapan Anda. "Mungkin rekan kerja akan menghindari kontak mata dengan Anda atau berhenti mengajak Anda makan siang bersama. Jika ini terjadi, situasi ini adalah tanda ada sesuatu yang akan terjadi," ujar Salemi.

3. Anda Tak Diundang Rapat
Anda melihat rekan-rekan kerja masuk ke ruang rapat dan Anda tak diajak. "Jika perusahaan tidak membutuhkan Anda dalam rapat ini, bisa jadi artinya adalah Anda memang tidak dibutuhkan," ungkap Salemi.

4. Perusahaan Anda Dibeli Pihak Lain
Salemi memaparkan, ketika perusahaan dibeli, diakuisisi, atau merjer dengan pihak lain, ini berarti tanda buruk untuk karyawan lama. "Seringkali ada guncangan ketika ada kepemilikan baru. Mereka bisa saja membawa orang baru dan menyingkirkan orang lama," jelasnya.

5. Anda Masuk dalam Evaluasi Perbaikan Kinerja
Jika atasan memonitor Anda dalam hal apapun, ada kemungkinan perusahaan tidak akan mempertahankan Anda. "Kemungkinannya adalah alasan mereka mendokumentasikan apapun yang Anda lakukan untuk menghindari peluang Anda kembali dan berkata Anda tidak mengetahui aturan ketika dipecat," imbuh Salemi.

Diberhentikan dari pekerjaan sama sekali bukan hal yang menyenangkan, tapi bisa saja terjadi. Pilihannya adalah bekerja dengan sebaik-baiknya. Namun, jika sudah terlanjur diberhentikan, kesempatan baru akan datang pada Anda, baik dalam bentuk pekerjaan baru atau berwirausaha.

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.

Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved