Inilah Pemenang Nobel Tahun 2014, Uang yang Mereka Dapat Woow!

Para pemenang Nobel 2014, akan menerima penghargaan dalam seremoni yang digelar terpisah di Stockholm.

Inilah Pemenang Nobel Tahun 2014, Uang yang Mereka Dapat Woow!
net
Penghargaan Nobel

TRIBUNMANADO.CO.ID, STOCKHOLM - Para pemenang Nobel 2014, akan menerima penghargaan senilai 1,1 juta dollar AS, dalam seremoni yang digelar terpisah di Stockholm dan Oslo, Rabu (10/11/2014) malam.

Berikut ini para pemenang Nobel 2014 berdasarkan kategori:

Kedokteran

Ilmuwan Amerika-Inggris John O'Keefe berbagi Nobel bidang kedokteran dengan pasangan Norwegia Mei-Britt Moser dan Edvard Moser. Mereka mendapat Nobel untuk terobosan dalam penelitian sel otak yang bisa membuka pemahaman lebih baik soal penyakit seperti Alzheimer.

Fisika

Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano dari Jepang, serta ilmuwan Jepang kelahiran Amerika Serikat Shuji Nakamaura, memenangi Nobel Fisika untuk penemuan LED biru yang merevolusi dunia untuk pencahayaan rumah dan kantornya. Temuan ini sudah membantu teknologi layar telepon genggam, komputer, dan TV.

Kimia

Peneliti AS Eric Betzig dan William Moerner serta Stefan Neraka dari Jerman memenangkan Nobel Kimia untuk penemuan mikroskop dengan kekuatan pembesaran melebihi yang sebelumnya diperkirakan bisa dibuat. Temuan ini memungkinkan ilmuwan melihat perkembangan penyakit dalam sel terkecil.

Sastra

Nobel Sastra 2014 dianugerahkan kepada penulis Perancis, Patrick Modiano, untuk pembelajaran panjang tentang pendudukan Nazi dan efeknya kepada Perancis.

Perdamaian

Aktivis hak-hak anak Malala Yousafzai dari Pakistan dan Kailash Satyarthi dari India berbagi Nobel Perdamaian untuk mengkampanyekan hak-hak anak dan pemuda, khususnya soal hak mendapatkan pendidikan.

Ekonomi

Ekonom Perancis Jean Tirole Hadiah Nobel Memorial dalam Ilmu Ekonomi untuk penelitian tentang kekuatan pasar dan regulasi. Penelitiannya dinilai telah membantu pemerintah memahami dan mengatur industri yang didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan besar.

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado terkini.

Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved