Inilah Manfaat Cuka Kelapa Bagi Tubuh Manusia

Cuka kelapa memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cuka dari bahan kimia.

Inilah Manfaat Cuka Kelapa Bagi Tubuh Manusia
net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Cuka kelapa memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan cuka dari bahan kimia. Untuk itu pengembangannya memiliki potensi yang cukup besar.

"Kelebihannya antara lain memiliki nilai Glycemic Index (GI) rendah, berkisar 35 pada skala sehingga dapat digunakan untuk diet glycemic pada penderita diabetes. GI merupakan pengaruh karbohidrat yang terkandung pada bahan pangan terhadap peningakatan level gula pada arah," ujar Kepala Seksi Teknologi Industri Balai Riset dan Standardisasi Industri Manado Fahri Ferdinand Polii, Kamis (2/10/2014).

Selain itu kelebihan cuka kelapa adalah kaya akan mineral, karena mengandung fosfor, potasium, zat besi, magnesim, sulfur, boron, xinc, mangan dan copper. Kandungan mineral terbesar, yaitu porasium sekitar 192 mg per sendok makan. Potasium berffungsi untuk menyeimbang elektronit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah tinggi dan metabolisme gula dalam darah.

Selain itu fosfor jika bersinergi dengan kalsium mmebantu pembentukan tulang dan menfasilitasi tuhuh untuk memanfaatkan nutrisi dari makanan zat besi, pembentukan sel dan esendial untuk memproduksi energi sel copper membantu penyerapan zat besi. Magnesium, fungsi syaraf dan fungsi oto dan esensial pada proses utama dalam tubuh.

Selain itu, mengandung 9 asam amino esensial yang penting dalam pembentukan hemoglobin, membawa oksigen dan antibodi yang berfungsi sebagai sistem imun, memperbaiki jaringan neurotransmiter, detoksifikasi dan metabolisme tubuh. (erv)

Penulis:
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved