Gunung Lokon Meletus

Hingga Sore, Abu Lokon Masih Beterbangan

Angin yang bertiup ke arah Barat membuat warga yang berada di Manado hingga ke Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa merasakan debu Lokon tersebu

net
Ilustrasi: Debu vulkanik Gunung Lokon menyebar dan berjatuhan di beberapa wilayah di Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gunung Api Lokon di Kota Tomohon, hingga Sabtu (13/9/2014) pukul 16.00 WITA, terus memuntahkan debu vulkanik. Walau tidak sebanyak pada letusan pagi hari tadi, namun debu vulkanik Lokon masih terlihat jelas dari Kota Manado.

Angin yang bertiup ke arah Barat membuat warga yang berada di Manado hingga ke Desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa merasakan debu Lokon tersebut.

Beberapa warga terlihat mendatangi apotek untuk membeli masker. Dari informasi yang dihimpun dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, tinggi letusan Lokon mencapai 500 meter. Lokon meletus pertama sekitar pukul 03.00 WITA dan kembali meletus sekitar pukul 09.00 WITA, dan hingga kini terus beraktifitas.

"Tapi kami disini aman-aman saja, belum ada perintah pengungsian. Memang tadi ada letusan tapi masih relatif aman," kata Merry, warga Tomohon. Status Lokon sendiri masih berada di level Siaga dan hingga kini kondisi warga di sekitar Lokon belum mengkhawatirkan. (K73-12)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved