Gunung Api

Gunung Merapi Sementara Ditutup untuk Pendakian

Selain itu, petugas Polsek Selo melakukan patroli hingga base camp untuk memberitahukan larangan mendaki kepada petugas

Gunung Merapi Sementara Ditutup untuk Pendakian
ist
Gunung Merapi

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOYOLALI - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menyatakan pendakian ke puncak Gunung Merapi melalui Dukuh Plalangan Desa Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu, untuk sementara ditutup sejak statusnya dinaikkan menjadi waspada.

Menurut petugas SAR Barameru Lencoh Boyolali, Samsuri, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah menyurati mereka tentang status Merapi dinaikkan menjadi waspada sehingga pendakian ke puncak untuk sementara ditutup.

Menurut dia, keputusan ini membuat sejak pukul 18.00 WIB ini, tidak ada satu pendaki yang mendaki puncak Merapi. Sejumlah pendaki yang telanjur datang di Selo mengalihkan pendakian ke puncak Gunung Merbabu.

Menurut dia, kondisi cuara di puncak Merapi cukup cerah meski kadang diselimuti kabut. Puncak Merapi cukup tenang sehingga masyarakat di lereng tetap beraktivitas seperti biasa.

Selain itu, petugas Polsek Selo melakukan patroli hingga base camp untuk memberitahukan larangan mendaki kepada petugas setempat dan para pendaki.

Menurut Kepala Resort Selo BTNGM Suwignya bahwa jalur pendakian ke puncak Merapi lewat Selo ditutup hingga waktu yang belum ditentukan sejak Rabu ini. Penutupan ini berdasarkan perintah BTNGM dan BPPTKG Yogyakarta.(antara)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved