Hari Valentine

Di Hari Valentine, Wanita Arab Diam-diam Membeli Mawar Merah

Di Jeddah, misalnya. Di kota bisnis Arab Saudi ini, perilaku warga terhadap hari Valentine sedikit lebih liberal.

Di Hari Valentine, Wanita Arab Diam-diam Membeli Mawar Merah
AFP/FAYEZ NURELDINE
Beberapa perempuan Arab Saudi melihat-lihat sebuah toko bunga di ibu kota Riyadh. Sejumlah toko bunga di kota ini diam-diam menjual bunga mawar merah meski dilarang polisi syariah karena dianggap identik dengan perayaan hari Valentine. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RIYADH — Salah satu hal yang dilarang di Arab Saudi adalah merayakan hari Valentine yang jatuh pada Jumat (14/2/2014). Namun, bukan berarti warga kerajaan itu tak bisa merayakan hari kasih sayang.

Demi menghindari pengawasan polisi syariah Saudi, sejumlah toko terpaksa dengan diam-diam menyembunyikan beberapa benda yang identik dengan hari Valentine, yaitu mawar merah dan cokelat.

Hussein, salah seorang pedagang bunga di Riyadh, memiliki ide sederhana untuk menyembunyikan bunga-bunga mawar merah itu. Dia memenuhi jendela tokonya dengan bunga mawar putih, bunga iris jingga, dan bunga hydrangea berwarna ungu.

"Saya menyembunyikan semua benda berwarna merah di toko ini sehingga pada saat polisi syariah datang, mereka tak menemukan apa pun di sini," kata Hussein.

Polisi syariah Saudi atau muttawa sudah mulai melakukan patroli anti-Valentine sejak Rabu (12/2/2014).

Mereka memasuki toko-toko dan mencari berbagai benda yang dianggap terkait dengan hari Valentine seperti cokelat, bunga mawar merah, serta berbagai suvenir lain berbentuk hati dan berwarna merah.

Kembali ke toko bunga Hussein, meski memenuhi tokonya dengan berbagai bunga berwarna nonmerah, dia tetap menyimpan mawar merah di tempat tersembunyi. Bunga itu akan dikeluarkan jika seseorang memintanya.

"Saya bisa menjual 350 tangkai mawar merah dengan harga 20 riyal (Rp 60.000) setangkai," kata dia.

"Banyak pelanggan perempuan memesan bunga mawar merah lewat telepon karena mereka khawatir ketahuan polisi syariah," lanjut Hussein.

Penjual bunga lainnya, Kumar, sudah dikunjungi polisi syariah, dan diminta tidak melecehkan larangan terkait hari Valentine.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved