Breaking News:

Catatan Sepakbola

Juan Mata dan Hedonisme

Tunggu saja, siulan dan cemooh dari fans The Blues manakala Mata menggiring bola dengan mengenakan kostum skuad Setan Merah. Mengapa?

Editor:
AFP PHOTO / PAUL ELLIS
Gelandang Manchester United, Juan Mata. 

Oleh AA Ariwibowo

TRIBUNMANADO.CO.ID- Kapan kali terakhir Anda terjangkit virus hedonisme? Jawaban bisik sana bisik sini, bila Anda memberi tepuk tangan setelah membaca teks bertitel "Juan Mata dirampas Manchester United dari Chelsea".

Seseorang atau sekelompok orang mengidap hedonisme bila mengijinkan "yang baik" dengan "yang menyenangkan" berjodoh di laga kehidupan, beraksi di ajang Premier League.

Diam-diam, Jose Mourinho menyamakan antara "yang baik" dengan "yang menyenangkan" ketika merelakan mantan gelandang serang Chelsea itu justru melakukan desersi ke kubu Old Trafford.

Tunggu saja, siulan dan cemooh dari fans The Blues manakala Mata menggiring bola dengan mengenakan kostum skuad Setan Merah. Mengapa?

Fans setia Chelsea berpedoman bahwa jika yang baik dan yang menyenangkan sama artinya, maka mustahil untuk menyatakan bahwa sesuatu itu baik tetapi justru tidak menyenangkan. Apakah yang menyenangkan itu senantiasa baik?

Apakah kepindahan Mata dengan nilai kontrak 4,5 juta pound atau sekitar Rp745 miliar, memang baik dan menyenangkan? Baik untuk siapa? Menyenangkan untuk siapa?

Kalau yang baik disamakan dengan yang menyenangkan, maka kata baik hampir tidak dapat didefinisikan, karena kata baik tidak dapat dicarikan dan ditemukan intipatinya lagi. Lantas bagaimana harus bersikap? Hijrahnya Mata dari Chelsea hendaknya dilihat dengan kacamata skeptis saja.

Ya, bersikaplah skeptis ketika seseorang atau sekelompok orang coba-coba menyamakan yang baik dengan yang menyenangkan, ketika mereka menempuh laga kehidupan dengan memercayai hedonisme dengan sepenuh hati dan seonggok pembenaran.

Bermodal sikap skeptis itulah, tercetus pertanyaan apakah biang kerok kepindahan Mata justru karena perilaku Mourinho yang cenderung haus kekuasaan?

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved