Formula 1

Vettel Khawatir Aturan Baru F1

Perlu adaptasi dengan mesin mobil balap jenis baru dan tak menutup kemungkinan ada banyak hal yang bisa membuat dia terkejut akibat perubahan itu.

Vettel Khawatir Aturan Baru F1
telegraph.co.uk
Sebastian Vettel. 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Juara dunia Formula 1, Sebastian Vettel merasa khawatir dengan banyaknya perubahan aturan di balapan tahun depan. Perlu adaptasi dengan mesin mobil balap jenis baru dan tak menutup kemungkinan ada banyak hal yang bisa membuat dia terkejut akibat perubahan itu.

Perubahan sah-sah saja terjadi dari tahun ke tahun. Namun dia berharap regulasi baru di balapan F1 2014 tidak terlalu beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Regulasi terkait dengan mesin mobil balap yang dipakai diprediksi akan membuat kualitas dan tenaga mesin mobil jauh menurun dibandingkan dengan mesin mobil balap sebelumnya. Dia khawatir persaingan jadi tidak kompetitif.

"Sekarang ini masih sangat sulit untuk memprediksi bagaimana pengaruh dari perubahan regulasi itu terhadap jalannya balapan. Saya hanya berharap ini tak terlalu menurunkan kualitas mobil balap terlalu besar, karena kami dalam dua tahun terakhir juga selalu bersaing ketat dengan beberapa tim," kata Vettel seperti dilansir ESPNF1.

Dia menambahkan, meski tim Red Bull sangat dominan dalam beberapa tahun terakhir, namun secara umum jalannya balapan berlangsung dengan baik. Dia menjelaskan ini terkait dengan kritikan terhadapnya atas kemenangan yang diraih dengan mudah terutama di musim 2013.

"Saya pikir ini tidak sepenuhnya fair karena jika kita melihat ke belakang, pengembangan mobil balap itu dilakukan dalam lima atau enam tahun terakhir. Kami bersaing dengan sangat ketat di kejuaraan," kata Vettel.

Seperti itu lah balapan F1, di masa lalu, dan di masa depan pun kemungkinan akan tetap seperti itu. Musim 2014, Formula 1 akan kembali ke era mesin turbo. Seperti dekade 80-an. Kini mesin turbo kembali diusung, dengan konfigurasi enam silinder berbentuk V berkapasitas 1,6 liter yang mampu menghasilkan sekitar 760 tenaga kuda.

Sebagian penggemar dan pembalap mungkin ada yang kecewa dengan spesifikasi teknis mobil F1 tahun depan. Mobil mesin V6 1,6 liter kurang cepat dibanding mesin F1 tahun-tahun sebelumnya.

Setiap tim bergantung pada sistem pemulihan energi yang lebih efisien. Terlebih perubahan regulasi pada sasis akan mengurangi peran aerodinamika. Sedangkan moncong mobil tidak akan lagi ke atas, tapi agak turun menunduk sekitar 18,5 cm dari aspal. (*)

Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved