Diskusi Prospek Ekonomi Tribun Manado

Taufiq Pasiak Sebut Tiga Jenis Perilaku Masyarakat Sulut

Dijelaskannya, ciri khas premanisme menghendaki shortcut (jalan pintas). Misalnya tidak mau ikut regulasi.

Taufiq Pasiak Sebut Tiga Jenis Perilaku Masyarakat Sulut
TRIBUN MANADO/RIYO NOOR
Sebagian peserta diskusi ekonomi bertopik Percepatan Ekonomi Sulut menuju MEA 2015, MP3EI, KEK Bitung yang diselenggarakan Tribun Manado dan Intelektual Muda Sulut di kantor Tribun Manado, Jumat (20/12/2013). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Taufiq Pasiak khusus menyoroti perilaku dalam diskusi ekonomi di Redaksi Harian Tribun Manado, Jumat (20/12/2013).

Dikatakannya , dalam kegiatan ekonomi, faktor non ekonomi harus jadi pertimbangan. Ia mengulas sikap seseorang yang kerap berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Menyambut MEA 2013, MP3EI dan  KEK, harus diketahui behavior masyarakat Sulut. Pasiak membagi tiga jenis perilaku yaitu  premanisme, pragmatisme dan konsumerisme.

Dijelaskannya, ciri khas premanisme menghendaki shortcut (jalan pintas). Misalnya  tidak mau ikut regulasi. "Saking panjangnya prosedur, maka dia menggunakan jalan pintas, inilah gaya premanisme," katanya. Contoh pragmatisme tidak pusing dengan masa depan. Masyarakat hanya berpikir untuk hari ini saja. 

"Contohnya saat Natal bikin dekorasi rumah supaya kelihatan bagus, sesudah Natal manfaatnya apa? Konsumerisme dan korupsi jadi faktor non economi terakhir," kata dia. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved