Breaking News:

Catatan Sepakbola

The Gunners Jadi Unggulan Melawan MU Malam Ini

Sebaliknya performa United di musim ini sangat tidak konsisten. Pergantian kursi manajer dari Sir Alex Ferguson ke tangan David Moyes

Editor:
The Gunners Jadi Unggulan Melawan MU  Malam Ini
getty images
Pemain Manchester United

TRIBUNMANADO.CO.ID - Muncul perdebatan sengit diantara para pengamat, tim mana yang difavoritkan menang saat dua raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United dan Arsenal, terlibat bentrok di Stadion Old Trafford, Minggu (10/11/2013) malam. Sejumlah perubahan yang terjadi di kedua tim jadi sebab perdebatan panjang.

Arsenal dijagokan setelah berhasil melewati beberapa pertandingan besar musim ini. The Gunners mengalahkan Borussia Dortmund dalam laga away terakhir di Liga Champions. Sebelumnya pasukan Arsene Wenger mengalahkan Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Napoli. Memang benar Arsenal sempat kalah dari Dortmund dan Chelsea, tapi performa ekselen yang ditunjukkan Mesut Oezil dkk musim ini jadi modal cukup buat mereka untuk mengagresi sang juara bertahan Premier League, Manchester United.

Sebaliknya performa United di musim ini sangat tidak konsisten. Pergantian kursi manajer dari Sir Alex Ferguson ke tangan David Moyes belum berjalan sempurna.  Sejak era Premier League bergulir, sangat jarang terjadi Arsenal berada di posisi klasemen yang lebih baik dibanding United.  The Gunners saat ini bertengger di puncak klasemen. Sementara The Red Devils duduk di posisi delapan. Ada delapan poin yang menjadi pemisah antara kedua rival lama ini.

Berdasarkan fakta tersebut, Arsenal pun menjadi unggulan dan United dipandang sebagai underdog. Ini untuk kali pertama pula The Gunners lebih dijagokan ketimbang Setan Merah.  Arsenal, yang tampil impresif di musim ini, bahkan kini dianggap sebagai penantang serius favorit juara; Chelsea.  Jika benar mampu mengalahkan United, maka tim asal London Utara ini memang sudah siap menjadi juara Liga Primer untuk kali pertama sejak musim 20003/2004

Manajer Arsenal Arsene Wenger pun menyebut laga melawan United akan jadi momentum buat timnya untuk melakukan penegasan seberapa besar kekuatan mental juara yang dimiliki pasukannya. "Apa yang terpenting adalah kami percaya pada kualitas kami dan menunjukkan ambisi dan keinginan meraih apa yang ingin kami raih. Kami belum memenangi apa pun, kami baru memenangi dua laga, dan yang terpenting adalah apa yang kami dapatkan di masa depan." kata Wenger seperti dilansir Goal.com, Sabtu (9/11/2013).

Bagi mereka yang tidak mengunggulkan Arsenal, alasannya adalah rekor buruk masa lalu The Gunners yang selalu takluk dari United di Old Trafford. Kali terakhir, Arsenal tumbang 1-2, tepatnya musim lalu. Namun mengunggulkan United dinilai ganjil. Alasannya ini adalah musim transisi bagi United. Dari 10 pertandingan berlalu musim ini, United tengah mengalami inkonsistensi sebelum mengepak dua kemenangan beruntun.Hal kontras lainnya adalah rekor United di bawah komando Moyes yang belum terlihat bertaji saat melawan tim besar. Setan Merah seri lawan Chelsea, kemudian juga kalah dari Liverpool dan Manchester City.  Fakta inilah yang kemudian meletakkan United di posisi underdog.

Namun demikian, gelandang gaek United Ryan Giggs menolak timnya dipandang sebagai underdog. Giggs menegaskan timnya akan selalu siap memetik kemenangan ketika menghadapi tim manapun di Old Trafford.

Satu figur yang bakal jadi aktor protagonis pada pertandingan ini adalah Wayne Rooney. Bomber United ini selalu jadi mimpi buruk buat Arsenal. Total 10 gol dicetak Rooney ke gawang Arsenal di sepanjang kariernya. Jumlah gol tersebut melebihi pemain manapun yang mampu membobol gawang Arsenal. Bahkan hanya legenda Liverpool Robbie Fowler yang mampu menyamai perolehan gol Rooney ke gawang The Gunners."Arsenal cukup sering muncul, dan itu terasa aneh. Saya yakin mereka pasti kesal karena sering ketemu saya. Saya selalu senang bisa mencetak gol ke gawang mereka dan berharap itu bisa terjadi lagi," kata Rooney.

Rooney akan berkolaborasi dengan eks striker Arsenal, Robin van Persie. Musim lalu, RvP dua kali membobol gawang mantan timnya tersebut dari dua kali pertemuan.Masalah utama United adalah lini belakang. Sektor pertahanan terlihat rapuh dengan performa Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang mulai menurun sementara Johny Evans dan Phil Jones penampilannya tidak konsisten.   

Moyes berharap Rafael, Evans, Michael Carrick, dan Tom Cleverley sudah pulih setelah absen melawan Real Sociedad di Liga Champions, Kamis lalu. Moyes kemungkinan akan memainkan duet Vidic dan Evans di jantung pertahanan. Sedang Jones didorong ke tengah untuk menahan pergerakan Oezil. Sementara Wenger sudah bisa kembali memainkan Mathieu Flamini, yang sudah pulih, sembari berharap Jack Wilshere dan Theo Walcott juga siap tampil.   

Arsenal menunjukkan soliditas permainan mengagumkan setelah mendapat suntikan kekuatan besar dari playmaker terbaik Eropa, Oezil. Agresivitas serangan Arsenal termanifestasi lewat gol-gol dari Oezil, Aaron Ramsey, Santi Cazorla, dan Oliver Giroud. Sejumlah nama pemain kunci itulah yang akan menjadi pembeda jelas antara United dan Arsenal di pertandingan nanti malam. Aksi mereka akan menjawab perdebatan sengit para pengamat. (tribunnews.com/cen)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved