UNG Sabet Rekor MURI Instal Linux Terbanyak

Universitas Negeri Gorontalo (UNG)masuk Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena bisa melakukan instal Linux secara masal.

Laporan Wartawan Tribun Gorontalo Budi Susilo

TRIBUNMANADO.CO.ID, GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo (UNG)masuk Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena bisa melakukan instal Linux secara masal.

Pantauan tribungorontalo, Rabu (20/2/2013), di aula gedung serba guna UNG digelar instalasi Linux dengan peserta terbanyak 661 orang peserta.

Mereka itu para pesertanya berasal dari masyarakat umum, ada dari mahasiswa, pelajar, akademisi, pegawai swasta, dan pegawai negeri sipil.

Di acara tersebut, tampak pula dihadiri Rektor UNG Syamsu Qamar Badu dan dari Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang diwakili oleh Senior Manager Paulus Pangka.

Dikesempatannya, Rektor UNG mengatakan, pemecahan rekor MURI lebih untuk mensukseskan pengembangan IT di UNG agar maju.

"Yang pertama kali kita lakukan dan juga masuk dalam perayaan hari jadi 50 tahun UNG," katanya.   

Ditambahkan, Senior Manager MURI, Paulus Pangka, mengatakan, ini bagian penghargaan MURI terhadap komunitas Linux di lingkungan UNG. 

"Pertanda ini melek teknologi, dan bijak menggunakan yang resmi, tentu kami dukung," tegasnya.

Ia mengungkapkan, rekor sebelumnya di pecahkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda yang memecahkan rekor peserta sampai 468 orang. 

"Ini kita sosialisasikan penggunaan Linux ke masyarakat luas. Pakai yang legal, resmi," ujar Paulus. 

Terpisah, Mandar Handi, Dosen Fakultas Teknik Infomatika UNG, mengatakan, program Linux itu menguntungkan karena tidak bisa kena virus dan tampilan serta fitur tidak jauh berbeda dengan program windows.

"Dipakai ringan, tidak terlalu loading, hampir mirip-mirip windows," ungkapnya.

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved