Pemerintahan

Besok, Kepala SKPD di Minut Ikut FPT

Selasa (15/1) merupakan awal dari pelaksanaan program tersebut dalam bentuk Fit and Propert Test (FPT)

Laporan Wartawan Tribun Manado Susanty Otodu

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Awal tahun 2013 saat memasuki hari pertama kerja atau pada rapat perdana pada 3 Januari lalu Bupati Minahasa Utara (Minut) Drs Sompie SF Singal MBA telah menegaskan bahwa setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus memaparkan semua program kerja di tahun 2013.  Selasa (15/1) merupakan awal dari pelaksanaan program tersebut dalam bentuk Fit and Propert Test (FPT) atau uji kepatutan dan kelayakan oleh seluruh kepala SKPD.

"FPT yang dimaksud adalah melihat dan mendengar langsung pemaparan dari kepala unit maupun SKPD terhadap rencana kerja dan rencana strategi kegiatan 2013 dari unit kerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut)," kata Bupati, Senin (14/1).

Pemaparannya dilakukan dalam bentuk Power Point sebagai bentuk kegiatan evaluasi dan penilaian dari Bupati. Pemaparan mengenai rencana kerja atau program kegiatan selama tahun 2013 harus disampaikan langsung oleh kepala unit kerja dari masing-masing SKPD. Sehingga akan terlihat semua program dari unit-unit kerja sesuai dengan rencana kegiatan anggaran.

“Besok (hari ini), semua unit kerja akan memaparkan rencana dan program kerja. Apa yang akan dikerjakan selama 2013, semua akan terlihat dari pemaparan,” tambah Bupati.

Evaluasi dan penilaian dari bupati sepertinya test untuk melihat secara langsung kapasitas dan kapabilitas dari kepala SKPD. Termasuk segi perencanaan dari SKPD yang kerap kali tidak maksimal dan optimal dalam menunjang visi dan misi dari bupati dan wakil bupati. “Semua harus memaparkan apa yang akan dikerjakan di 2013,” lanjut Bupati.

Ditambahkannya bahwa kinerja 2013 harus lebih baik dari tahun yang lalu. Pengelolaan keuangan dan administrasi di 2013
harus baik dan benar. Semua harus bekerja secara baik dan benar dan tidak ada lagi kesalahan pengelolaan keuangan maupun administrasi lainnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Drs Max HW Purukan menambahkan, semua unit kerja harus merencanakan program kegiatan secara terarah dan punya sasaran untuk pembangunan Minut. Intinya, pemaparan harus mendekati sempurna dan aplikasinya harus baik nantinya di lapangan. “Ini bagian evaluasi kinerja dari SKPD,” tambah Purukan.

Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved