Tokoh

Jokowi Jawara Man of The Year Versi Google, Ini Sembilan Pesaingnya

Siapa yang paling pantas mendapat gelar 'Man of The Year 2012?'

Berdasar mesin pencari data di Google, jawabnya adalah Jokowi? Joko Widodo alias Jokowi untuk sementara memimpin daftar 10 Public Figure Indonesia paling banyak dicari-cari beritanya di mesin pencari Google.

Pesaing beratnya bukan sesama pejabat publik Indonesia, melainkan Ayu Ting Ting yang berada di peringkat kedua, Budi Doremi di posisi ketiga, disusul almarhum Ade Namnung dan Eza Gionino.

Ini adalah fenomena menarik, seorang public figure di jalur politik mengalahkan sederet nama artis?

"Mengalahkan popularitas artis tentu tak mudah bagi para politikus yang terlanjur menjadi public enemy dengan Hambalang dan Century-nya. Buktinya, selain Jokowi, tidak ada politikus yang nyempil di lima besar," tulis Yaser Ace, seorang blogger.

Mengapa Jokowi meroket? Inilah penilaian Yaser Ace

Pemasar Politik yang Otentik
Pada malam penganugerahan Marketeer of the Year, Jokowi mengakui bahwa ilmu pemasaran telah mendarah dan mendaging dalam tubuhnya. Dia menerapkannya jauh sebelum terjun ke politik, tepatnya saat menjadi pengusaha. Blusukan ala sales door to door..

"Intinya, marketing politik dan marketing yang lain itu sama saja. Bagaimana soal positioning-nya, bagaimana diferensiasinya. Begitu juga dengan personal brand-nya," kata Jokowi di acara Markplus Conference 2013, Jakarta.

Yang beda, Jokowi mengaplikasikan teori itu tanpa kepalsuan. Pemasarannya menjadi otentik karena tidak dibuat-buat. Tidak satu-dua hari prosesnya. Bilangan tahun telah menguji otentisitas dirinya yang selalu berorientasi kepada masyarakat kecil. Telah berurat berakar dalam dirinya. Dia menuturkan, pengalaman blusukannya didapat karena pernah 3 tahun menjadi sales. Door to door bukanlah aktifitas yang aneh baginya.

Lewat berbagai gebrakannya, Jokowi berhasil membangun Solo: Perijinan beres lewat pendekatan satu atap; Pengusaha kecil tenang tanpa penggusuran; Suara rakyat didengar langsung; Kesehatan dan pendidikan ditanggung.

Dan berikutnya, Jakarta memberi kesempatan Jokowi. Mampukah?

Halaman
12
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved