Breaking News:

Konser Musik

Sting Benar-benar 'Menyengat' Jakarta

Sting, penyanyi kelahiran Inggris itu, benar-benar menjadi 'An Englishman'.

Editor:
Sting Benar-benar 'Menyengat' Jakarta
Kompas/Wawan H Prabowo
Back to Bass Tour - Vokalis dan basis Sting mengobati kerinduan para penggemarnya dalam konser yang bertajuk Back to Bass Tour di Mata Elang Internastional Stadium Ancol, Jakarta, Sabtu (15/12). Sting membuka konsernya dengan lagu If I Ever Lose My Faith In You. Sting terakhir manggung di Jakarta 20 Tahun silam.

Ribuan penonton itu datang dari sejumlah kota di negeri ini. Mereka tumplek di Mata Elang International Stadium, Ancol, tempat konser bertajuk ”Back to Bass Tour” digelar. Salah satu penonton itu adalah priayi dari Solo, yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, yaitu Joko Widodo. Ia tidak menonton di kelas VIP, tetapi membaur berdiri bersama penonton lain di kelas festival. Ikut bernyanyi pula.

"I'm an alien, I’m a legal alien, I'm an englishman in New York", begitu lirik bagian chorus yang membahana dan membikin merinding penonton. Lagu itu memuat pesan agar seseorang menjadi diri sendiri, tidak cengeng. Be yourself no matter what they say.

Sting naik panggung tepat pukul 20.43 dalam siraman lampu kebiruan. Penonton di bagian festival merangsek ke bibir panggung dengan tertib. Ia langsung membawakan lagu "If I Ever Lose My Faith In You” dan ”Every Little Thing She Does is Magic".

Sting lalu menyapa ramah penonton dengan sepotong bahasa Indonesia, ”Terima kasih! Apa kabar?” katanya disambut gemuruh penonton.

"Sudah 18 tahun lalu kita bertemu," kata Sting—kali ini berbahasa Inggris—mengingat penampilannya di Jakarta, 1994.

Usia 61 tahun hampir tak memengaruhi performa Sting. Ia tampil energik dengan suaranya penuh tenaga. Tubuhnya bersimbah keringat, urat-urat di lehernya tampak menonjol jelas saat bernyanyi.

Ia sangat komunikatif dalam mengajak penonton memaknai lagu. Ia, misalnya, menunjukkan boneka kecil binatang serigala.

"Kalian punya binatang semacam ini, kami menyebutnya fox. Ini lagu tentang binatang ini, tentang kehidupannya," kata Sting, lalu meletakkan boneka dan menyanyikan lagu "The End of The Game". Itu juga lagu tentang kehidupan manusia.

The Police

Dari sekitar 20 lagu, sejumlah lagu The Police juga dinyanyikan, seperti ”Message in A Bottle”, ”Demolition Man”, ”Driven to Tears”, ”Wrapped Around Your Finger”, ”De Do Do Do, De Da Da Da”, dan tentu saja ”Roxanne”, yang membuat penonton histeris. ”Roxanne” bertutur tentang pria yang mencintai pekerja seks komersial. Entah berapa ratus kali Sting menyanyikan ”Roxanne”. Namun, seperti pengakuannya, ia selalu memperoleh energi baru dan inspirasi baru ketika membawakan lagu ini.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved