Info Cuaca

Sepekan ini, Hujan Akan Guyur Manado

Hujan dengan intensitas ringan sampai sedang masih akan turun di Manado dan kota sekitarnya hingga satu minggu kedepan


Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Hujan dengan intensitas ringan sampai sedang masih akan turun di Manado dan kota sekitarnya hingga satu minggu kedepan. Demikian dikatakan Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manado Muhamad Nur Hadi di kantornya, Jumat (7/12/2012).

"Hujan masih akan terjadi hingga satu minggu kedepan dengan intesitas ringan sampai sedang, dari 0-50 milimeter per hari, dengan peluang terjadi pada pagi, siang, sore maupun malam hari," ujarnya.

Hal tersebut terjadi karena posisi matahari berada pada sekitar 19,58 derajat Lintas Selatan (LS) menyebabkan wilayah di belahan bumi selatan mengalami intesitas penyinartan matahari yang lebih kuat, sehingga suhu udara menjadi lebih tinggi dan tekanan udaranya menjadi lebih rendah, dibandingkan dengan wilayah di belahan bumi utara.

Selain itu, adanya badai tropis bopha di laut Cina Selayan sebelah barat Filipina dan daerah pusat tekanan rendah di samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera, menyebabkan pergerakan angin di ayas wilayah Sulawesi Utara (Sulut) bertiup dari utara dan hingga timur laut dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam.

Selain itu, karena pada Desember ini hampir sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim hujan. "Untuk peluang hujan lebat, masih tetap ada," katanya. (erv)

Penulis:
Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved