Harga Kopra

Perusahan Gunakan Ribuan Ton Kopra untuk Produksi

Karena penjualannya mengikuti pasar dunia.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor:
Laporan wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Sejumlah perusahan minyak yang mempergunakan kopra sebagai bahan baku membuat minyak mengatakan memperoleh Kopra dengan cara beli dari agen. "Untuk harga hari Rabu (21/11) Rp 4300 per kilonya," kata Ewin dari PT Agro Makmur Raya (AMR) Bitung, kepada Tribun Manado Rabu (21/11/2012).

Dijelaskannya pihak perusahan yang memproduksi minyak mentah dalam sebelum mempergunakan kopra sekitar 16 ribu ton kopra. "Perhitungannya 1 hari 300 ton kopra yang kami beli," tambahnya. Lanjutnya dengan bahan baku tersebut pihaknya bisa menghasilkan 300 ribu mega ton minyak mentah yang keseluruhan diekspor keluar Eropa. "Pembelian kopra selama 8 Tahun perusahan berdiri relatif normal. Namun dibulan Januari dan Februari agak sepi panen, namun selama ini tidak masalah dalam memperoleh kopra," tuturnya.

Untuk harga beli Kopra dari perusahan tidak menentu jumlahnya berapa, tergantung pada bursa pasar Dunia. "Karena penjualannya mengikuti pasar dunia, contoh beli Rp 2000 ribu tidak mungkin jual Rp 1000 ribu pabrik akan rugi donk," katanya sembari menambahkan kondisi tersebut memang berlangsung selama setengah tahun belakangan ini terjadi krisis harga komoduti minyak khususnya di Spanyol dan Yanuni.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved