Pengangguran

Tingkat Pengangguran di Kota Lebih Tinggi Dibanding Pedesaan

Walaupun terjadi penurunan bila dibandingkan bulan Februari 2012, namun tingkat pengangguran lebih tinggi masih terjadi di wilayah perkotaan

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Walaupun terjadi penurunan bila dibandingkan bulan Februari 2012, namun tingkat pengangguran lebih tinggi masih terjadi di wilayah perkotaan di bulan Agustus 2012. Pada bulan Agustus 2012 jumlah pengangguran di kota mencapai 50,4 ribu jiwa.

"Kalau dibandingkan dengan tingkat pengangguran di wilayah pedesaan hanya 5,50 persen atau 30,4 ribu orang saja," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Dantes Simbolon, Senin (5/11) kemarin.

Ia menambahkan, jumlah pengangguran baik di wilayah kota dan pedesaan di bulan Agustus 2012 mengalami penurunan bila dibandingkan di bulan Februari 2012. Ini terbalik dengan semester sebelumnya, percepatan penurunan justru lebih cepat terjadi di perkotaan dibandingkan di pedesesaan.

"Penurunan tingkat pengangguran di perkotaan sebesar 0,93 persen sedangkan di pedesaan hanya 0,20 persen. Fenomena ini dapat mendorong. Tingkat urbanisasi atau imigrasi pencari kerja di perkotaan," ujarnya. (def)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved