Eksekusi

PN Tondano Eksekusi Lokon Boutique Resort

Proses eksekusi di Lokon Boutique Resort akhirnya dilakukan oleh Pengadilan Negeri Tondano, Jumat (19/10)

PN Tondano Eksekusi Lokon Boutique Resort
Theo Toemion halangi polisi masuk ke Lokon Boutique Resort untuk pengamanan eksekusi
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON — Proses eksekusi di Lokon Boutique Resort akhirnya dilakukan oleh Pengadilan Negeri Tondano, Jumat (19/10), setelah aset yang awalnya dimiliki Theo Toemion itu disita dan dilelang KPK, karena terbukti bersalah melakukan tindakan yang merugikan keuangan Negara.

Berce Mampow, Juru Sita Pengadilan Negeri Tondano mengatakan eksekusi yang dilakukannya sah secara hukum, sebab mendapat surat perintah dari Pengadilan. Saat eksekusi, Theo Toemion sempat menyatakan keberatan, dan berupaya menghalangi, karena dinilainya tindakan tersebut tak mestinya dilakukan.

Namun, upaya Toemion tak berhasil, karena eksekusi tetap dilakukan pihak Pengadilan dibawah pengamanan ketat dari aparat Polres Tomohon. Barang-barang yang berada di dalam resort, terpaksa diangkat keluar, baik meja, kasur, dan perlengkapan lainnya. Bahkan sejumlah turis yang menginap di lokasi itu, terpaksa harus ikut angkat koper. “Ekeskusi ini tidak sah, karena tapal batas tanah yang akan dieksekusi baru akan diukur. Apalagi saat eksekusi tak dilihat langsung Lurah yang tahu betul lokasi tanah ini,” keluhnya, kemarin.

Menurutnya, tidak semua tanah di Lokon Boutique bisa dieksekusi, sebab ada sebagian tanah yang tak disita dan dilelang oleh KPK, sehingga masih menjadi miliknya secara sah. “Di tempat ini ada tanah yang masih milik saya, jadi tak boleh dieksekusi, apalagi melewatinya,” ungkap Toemion.

Ia menjelaskan lokasi yang menjadi objek eksekusi masih dalam proses hukum, sebab upaya banding atas putusan yang diterimanya masih dilakukannya. “Banding atas masalah tanah ini sudah saya ajukan, jadi prosesnya masih berlangsung. Bagaimana bisa sudah dieksekusi,” katanya.

Fendy Sompotan, Kuasa Hukum Pemohon Eksekusi menjelaskan eksekusi yang dilakukan pengadilan sudah benar, karena dilakukan berdasarkan risalah lelang. Kepemilikikan tanah di Lokon Boutique Resort sendiri, kini sudah beralih dari tangan Theo Toemion setelah turun putusan dari Mahkamah Agung.

Penulis:
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved