Ekonomi

Data Ekonomi Pengaruhi Bursa Amerika

Pada hari Kamis (18/10), kemarin, Wall Street menerima tiga rilis data ekonomi.


Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Pada hari Kamis (18/10), kemarin, Wall Street menerima tiga rilis data ekonomi. Ketiga rilis tersebut yaitu klaim pengangguran mingguan baru dan lanjutan dan data indeks manufaktur di wilayah Philadelphia Amerika.

"Klaim pengangguran mingguan baru dirilis pada 388 ribu unit vs estimasi konsensus pada 360ribu unit, sedangkan klaim pengangguran lanjutan mingguan pada 3,3 juta unit atau sekitar sama dengan estimasi konsensus," kata penanggung Jawab IPOT Cabang Manado, Cichi Rahayu Pamona, kepada Tribun Manado, Jumat (19/10).

Sementara itu, data indeks manufaktur untuk wilayah Philadelphia untuk bulan Oktober 2012, pada 5,7 vs estimasi konsensus pada minus 0,1 meningkat pertama kali sejak enam bulan terakhir. Data indeks manufaktur Philadelphia sedikit kontribusi memberi topangan pada pasar saham Amerika dimana indeks DJIA bergerak mixed dibuka pada teritori merah 13.553 sementara titik tertinggi pada daerah hijau 13.588.

"Wall Street secara umum juga dipengaruhi oleh rilis kinerja emiten Google untuk kuartal III-2012 yang dibawah estimasi konsensus, harga saham emiten ini turun 8 persen pada penutupan perdagangan kemarin," ujarnya.

Menurut Cichi, adanya rilis data ekonomi klaim pengangguran mingguan yang dibawah estimasi konsensus, menyebabkan bursa Dow Jones Kamis (19/10) malam ditutup turun 8 poin atau 0,06 persen pada 13.549. (def)

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved