Ekonomi

Peringkat Utang Spanyol Satu Level di Atas Sampah!

Berita buruk kembali datang dari Benua Biru. Standard & Poor's memangkas peringkat utang Spanyol menjadi satu tingkat di atas level sampah

TRIBUNMANADO.CO.ID-Berita buruk kembali datang dari Benua Biru. Standard & Poor's memangkas peringkat utang Spanyol menjadi satu tingkat di atas level sampah atau junk. Itu artinya, peringkat utang Spanyol diturunkan dua level menjadi BBB- dari sebelumnya BBB+.

Tidak hanya itu, S&P yang berbasis di New York ini pun menyematkan outlook negatif untuk peringkat utang itu.

Penurunan peringkat Spanyol dilakukan setelah negeri Matador itu mengumumkan paket penghematan anggaran kelima dalam kurang dari setahun dan mempublikasikan secara detil hasil stress test perbankannya.

Kecemasan mengenai tingkat pembayaran utang di Spanyol semakin meningkat setelah pemerintah setempat mengajukan bantuan senilai 100 miliar euro atau 129 miliar dollar AS kepada Uni Eropa bagi perbankan. Apalagi, target defisit anggaran Spanyol juga terancam tidak dapat terpenuhi.

Pasca pengumuman S&P, tingkat yield Spanyol untuk obligasi 10 tahun ditutup pada level 5,8 persen pada hari ini. Sebagai perbandingan, rekor yield obligasi Spanyol tercipta pada 25 Juli lalu di level 7,75 persen. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved