Ekonomi

Investor Waspadai Perkembangan Spanyol

Pergerakan bursa saham Amerika , Dow Jones, Senin (8/10) malam, ditutup turun 26 poin atau 0,19 persen


Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Pergerakan bursa saham Amerika , Dow Jones, Senin (8/10) malam, ditutup turun 26 poin atau 0,19 persen di posisi 13.583. Pelemahan bursa Amerikan terutama disebabkan atas kewaspadaan investor menjelang musim rilis laporan keuangan kuartal III-2012.

Menurut Penanggung Jawab IPOT Cabang Manado, Cichi Rahayu Pamona, kepada Tribun Manado, Selasa (9/10), mengatakan, tidak ada rilis data ekonomi, dan kemarin sebahagian sektor keuangan libur di Amerika untuk Columbus Day. Investor saham Amerika terlihat sudah bersiap menghadapi musim laporan keuangan yang diperkirakan tidak akan cemerlang.

"Emiten Alcoa akan merupakan yang pertama rilis kinerja kuartal III-2012 Selasa malam ini," kata Cichi.

Untuk kuartal III-2012 ini, pertama kalinya dalam 11 kuartal, estimasi konsensus memperkirakan penurunan laba kuartal III-2012 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2011, untuk emiten yang membentuk indeks S&P 500. Dengan tingkat harapan yang sudah disesuaikan turun, pencapaian yang diatas estimasi konsensus mungkin bisa menggerakkan aksi beli di pasar saham Amerika.

"Sementara itu, investor juga masih mewaspadai perkembangan di Spanyol. Mentri Keuangan dari negara Uni Eropa akan berkumpul di Luxembourg kembali mendiskusikan masalah utang Spanyol dan isu lainnya," ujarnya.

Cichi menjelaskan investor sangat ingin kepastian apakah Perdana Mentri Mariano Rajoy akan mengajukan proposal secara resmi untuk dana bantuan internasional. Jika proposal resmi diajukan, Presiden ECB sudah kembali menegaskan dukungannya minggu lalu untuk membeli obligasi negara tersebut untuk menurunkan tingkat biaya dana.

"Diajukannya proposal resmi oleh Spanyol merupakan salah satu poin dalam daftar masalah Eropa yang bisa dianggap selesai," ucap Cichi. (def)

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved