Ekonomi

Investor Amerika Bersiap-siap menerima Data Tenaga Kerja

Pergerakan bursa Amerika, Dow Jones Rabu (3/10) malam ditutup naik sebesar 12 poin atau 0,09 persen

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Pergerakan bursa Amerika, Dow Jones Rabu (3/10) malam ditutup naik sebesar 12 poin atau 0,09 persen pada posisi level 13.495. Kenaikan tersebut terutama ditopang atas rilis data ekonomi yang diterima investor.

"Rilis data mampu memicu balik arah indeks DJIA kemarin setelah sempat berada pada teritori merah pada awal perdagangan," kata Penanggung Jawab IPOT Manado, Cichi Rahayu Pamona, kepada Tribun Manado, Kamis (4/10).

Cichi menjelaskan, Wall Street kemarin menerima rilis data penambahan lapangan kerja swasta versi lembaga swasta ADP Employer Services untuk bulan September 2012 yang berada pada tingkatan 162ribu unit vs estimasi konsensus 133ribu unit.Selain itu, kemarin juga dirilis data indeks aktifitas sektor jasa dari ISM untuk bulan September pada 55,1 vs estimasi konsensus pada 53.

"Terlihat investor saham Amerika bersiap-siap menerima rilis data tenaga kerja versi Departemen Tenaga Kerja Amerika Non Farm Payrolls yang akan diumumkan Jum’at ini," ujarnya.

Menurutnya, data ini dianggap lebih signifikan memberi dampak pada sikap investor. Namun demikian, sebahagian pihak menyatakan rilis data Non Farm Payrolls yang dibawah estimasi tidak akan memicu aksi jual signifikan pada pasar saham Amerika karena dimitigasi oleh aksi the Fed yang telah memutuskan untuk menggelontorkan QE3 sebanyak USD 40bn sebulan untuk membeli MBS.

"Sementara itu harga komoditas WTI turun signifikan dalam perdagangan kemarin atas rilis data bahwa produksi minyak Amerika tertinggi dalam lima belas tahun, dan pada saat yang sama konsumsi pada tingkatan rendahnya," ucap Cichi. (def)

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved