Breaking News:

Ekspor

Sulut Paling Banyak Ekspor Minyak Kelapa Kasar ke Eropa

Sanny menambahkan, minyak kelapa kasar ini sangat berpotensi bagi kesejahteraan petani kelapa

Editor:
Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komoditas minyak kelapa kasar Sulawesi Utara merupakan komoditas yang paling banyak diekspor ke berbagai negara termasuk daratan Eropa. Selama triwulan I dan triwulan II 2012 komoditi minyak kelapa kasar yang paling banyak diekspor bila dibandingkan dengan komoditi lainnya.

"Minyak kelapa kasar selama triwulan I dan triwulan II telah diekspor sebanyak 151,6 ribu ton dengan menghasilkan devisa sebanyak 192,25 juta Dollar Amerika," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Rabu (26/9/2012).

Sanny menambahkan, minyak kelapa kasar ini sangat berpotensi bagi kesejahteraan petani kelapa, apalagi pasar minyak kelapa kasar di luar negeri sangat banyak. Bukan itu saja, juga membuka peluang pasar baru.

"Ekspor minyak kelapa kasar ini dilakukan dibeberapa negara. Ekspor terbesar memang masih ke daratan Eropa, akan tetapi beberapa tahun belakang ini mulai meluas hingga kekawasan Asia dan Amerika," ujarnya.

Minyak Kelapa Kasar merupakan salah satu produk turunan dari kelapa yang telah menjadi andalan ekspor Sulut hingga saat ini. Selain itu, komoditas tersebut juga mampu menguasai sekitar 60-70 persen dari total ekspor Sulut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved