Breaking News:

Jakarta

Ada Busway, Kok Masih Macet? Ini Jawaban Foke

Masalah kemacetan merupakan masalah klasik di Jakarta yang tak kunjung ditemukan penyelesaiannya.

Editor:
Ada Busway, Kok Masih Macet? Ini Jawaban Foke
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Para pengunjung seusai mengunjungi Kebun Binatang Ragunan mulai berbondong-bondong pulang ke rumah masing-masing dengan menunggu di halte busway 57 di Jalan Warung Jati Barat (Margasatwa), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (22/08/2012). Selain pulang menggunakan kendaraan pribadi, mereka juga menaiki bus TransJakarta. Akibat penumpukan penumpang yang terjadi di halte busway SMK 57, pihak Bus Trans Jakarta memberi tambahan 10 bus dari koridor 1 (satu).
TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Masalah kemacetan merupakan masalah klasik di Jakarta yang tak kunjung ditemukan penyelesaiannya. Gubernur DKI Fauzi 'Foke' Bowo pun menjawab pertanyaan kenapa Jakarta masih saja macet.

Sebelumnya pria berkumis ini mengatakan solusi kemacetan di Jakarta adalah dengan adanya angkutan massal. Busway dibuat juga mempunyai tujuan mengangkut penumpang secara massal dan diharapkan bisa mengurangi pengguna kendaraan pribadi. Namun kenapa walau ada busway, Jakarta masih macet?

"Jelas karena ada ketidakseimbangan antara sarana dan prasarana dengan jumlah kendaraan. Kalau ada angkutan massal yang memadai, maka kebijakan pembatasan kendaraan dapat diberlakukan," ujar Foke, Minggu (9/9/2012) saat ditemui di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Menurutnya saat ini belum mencukupi angkutan massal yang memadai sehingga pihaknya belum bisa menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan atau mengatur usia kendaraan yang boleh beredar di Jakarta. Jika ada angkutan massal yang memadai, kata Foke, maka akan ada peralihan dari pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"Ini harus secara bertahap. Electronic Road Pricing (ERP) itu juga satu diantara upaya untuk membatasi peredaran kendaraan pribadi," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved