Laga Persahabatan

Belanda Telan Empat Kekalahan Beruntun

Pelatih anyar Belanda Louis van Gaal masih belum bisa menghapus catatan buruk tim Oranye setelah menelan kekalahan 4-2 dari Belgia

 Pelatih anyar Belanda Louis van Gaal masih belum bisa menghapus catatan buruk tim Oranye setelah menelan kekalahan 4-2 dari Belgia di Stade Roi Baudouin, Brussel, Kamis (16/8) dinihari WIB.

Ini merupakan kekalahan keempat kalinya secara beruntun bagi Belanda. Di Piala Eropa 2012, Belanda sama sekali tidak mendapatkan poin.

Van Gaal memasukkan Klaas-Jan Huntelaar sebagai starter di barisan depan, dan menempatkan Robin van Persie di Bangku Cadangan. Sementara Ricardo van Rhijn menjadi muka baru dari tim yang gagal menang di Piala Eropa 2012.

Menerapkan formasi 4-3-3, dan menempatkan Nigel de Jong sebagai gelandang bertahan, Belanda mengawali laga dengan buruk. Namun perlahan-lahan, permainan Belanda mengalami perbaikan.

Di saat mulai memperbaiki performanya, gawang Belanda justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-20. Kevin Mirallas yang mendapat ruang lebar menusuk dari kiri, dan selanjutnya melepaskan tendangan, tapi membentur John Heitinga. Bola liar disambar Christian Benteke untuk menjebol gawang Maarten Stekelenburg.

Menjelang babak pertama berakhir, Belanda mendapatkan sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan. Kendati demikian, upaya mereka kerap menemui kegagalan.

Usaha Belanda untuk mengubah papan skor membuahkan hasil di menit ke-54. Bek kiri Bruno Martins Indi menyodorkan bola kepada Arjen Robben, yang selanjutnya memberikan umpan kepada Luciano Narsingh untuk mencetak gol.

Belanda membalikkan keadaan satu menit kemudian. Martin Indi kembali mengawali serangan Belanda dengan menyodorkan bola kepada Robben. Bintang Belanda ini lalu memberikan umpan kepada Huntelaar untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Namun rapuhnya barisan belakang Belanda membuat Belgia mampu membobol gawang Stekelenburg tiga kali dalam lima menit. Kesalahan De Jong harus dibayar mahal pada menit ke-75 ketika Dries Mertens sukses menyamakan kedudukan.

Selang dua menit kemudian, Mertens menjadi momok bagi pertahanan Belanda. Pergerakan tak kenal lelah Mertens membuat ia memberikan umpan kepada Romelu Lukaku untuk membawa tuan rumah unggul.

Bencana Belanda terus berlanjut. Selang tiga menit kemudian, Kevin De Bruyne memberikan bola kepada Mertens. Setelah meliuk-liuk melewati pemain belakang Belanda, Mertens menyodorkan bola kepada Jan Vertonghen untuk menutup laga dengan skor 4-2.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved