Renungan Minggu

Umat Pilihan Tuhan

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu

Umat Pilihan Tuhan

Pdt Deisy Singgeta STh
Pelayanan di Jemaat GPI Diaspora dan GMIM Immanuel

'Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.' (Yohanes 15:16)

Hari ini kita akan belajar suatu pemenggalan kalimat. Tapi kalimat yang akan kita penggal saat ini adalah dalam Kitab Yohanes 15:16. Pada bagian pertama dikatakan 'Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah Akulah yang memilih kamu...'

Kalimat ini menyatakan bahwa kita dipilih Tuhan bukan dengan kemampuan apapun yang ada di dunia ini. Sayangnya, banyak orang Kristen yang mempertanyakan pilihan Allah atas hidupnya, sehingga terjadi keragu-raguan dalam hidupnya, karena memikirkan apa yang tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Ingatlah, kebenaran firman Tuhan lebih berkuasa dari pada perasaan kita.

Kalimat kedua dalam kitab Yohanes 15:16, 'Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap...'

Untuk menghasilkan buah, kita perlu diproses. Buah karakter Ilahi (buah roh) dan jiwa-jiwa untuk kemuliaan Tuhan. Pada proses, kita sering frustasi, jatuh bangun dan jauh dari Tuhan bahkan kembali pada kehidupan yang lama. Ingatlah, musuh yang paling berat dalam kehidupan kekristenan kita adalah diri sendiri.

Tetapi melalui berbagai proses hidup, kita dapat semakin dewasa di dalam Tuhan dan semakin mengenal pribadiNya. Proses tersebut berakhir saat kita meninggalkan dunia ini.

Kalimat ketiga, '....supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.'

Perkataan dalam nama-Ku memiliki arti bahwa permintaan kita harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Dipilih dan diproses adalah adalah bagian dari hidup orang Kristen untuk menjadi berkat. Itu sebabnya setelah dipilih dan melewati proses hidup, Tuhan mengatakan mintalah dalam nama-Ku maka akan diberikan, asalkan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Sebab, Tuhan Yesus ingin hidup kita berhasil di dalamNya, menang atas dosa dan memiliki karakter Ilahi, sehingga Kristus semakin nyata dalam kehidupan kita dan berbuah bagi kemuliaan Tuhan. Amin

Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved