Piala Super Italia

Lawan 9 Pemain Napoli, Juventus Juara

Kemenangan ini sebagai balasan, setelah sebelumnya Juve kalah dari Napoli di final Coppa Italia

Lawan 9 Pemain Napoli, Juventus Juara
GOH CHAI HIN/AFP
Striker Napoli, Edinson Cavani (biru) melepaskan tendangan yang merobek gawang Juventus pada final Piala Super Italia di Stadion Nasional Beijing, Sabtu (11/8/2012). Sayangnya, Napoli harus menyerah 2-4 dari Juventus lewat perpanjangan waktu.

Napoli mencuri gol terlebih dahulu melalui Edinson Cavani, sebelum disamakan rekrutan baru Juventus, Kwadwo Asamoah. Goran Pandev kembali membawa Napoli unggul, tapi tendangan penalti Arturo Vidal di babak kedua memaksa pertandingan berakhir 2-2 dan dilakukan perpanjangan waktu. Di perpanjangan waktu itu, Juve memastikan kemenangan lewat gol bunuh diri Christian Maggio dan gol Mirko Vucinic.

Kemenangan ini sebagai balasan, setelah sebelumnya Juve kalah dari Napoli di final Coppa Italia. Selain itu, gelar Piala Super Italia menjadi hadiah berharga buat pelatih mereka, Antonio Conte, yang Jumat lalu dijatuhi sanksi larangan 10 bulan terlibat di sepak bola. Karena larangan itu, Conte tak bisa mendampingi Andrea Pirlo dkk pada pertandingan tersebut.

"I Bianconeri" sebenarnya memberikan tekanan pada awal-awal pertandingan. Lini tengah Juventus yang digalang Andrea Pirlo, terlihat lebih rapi mengendalikan permainan ketimbang jenderal lapangan tengah Napoli, Marek Hamsik.

Memasuki menit ke-27, Napoli membuat kejuatan. Setelah menguasai umpan terobosan Goran Pandev, Cavani menggiring bola hingga berhadapan satu lawan satu dengan Gianluigi Buffon. Upaya pertama masih gagal melewati Buffon. Namun, bola liar kembali dikuasai Cavani dan ia berhasil memanfaatkan peluang kedua itu menjadi gol.

Keunggulan Napoli tak bertahan lama. Sepuluh menit setelah unggul, kiper Morgan De Sanctis dipaksa memungut bola dari gawangnya. Adalah pemain asal Ghana, Asamoah, yang sukses menyamakan kedudukan usai melepaskan tembakan voli keras berkat umpan Arturo Vidal.

Akan tetapi, Juventus kembali lengah. Kali ini, kesalahan Leonardo Bonucci menyapu bola membuat Pandev dengan leluasa menaklukkan Buffon. Skor 2-1 untuk keunggulan Napoli bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua dimulai, Juventus melakukan pergantian pemain. Alessandro Matri yang dianggap gagal menampilkan permainan terbaiknya, ditukar dengan Mirko Vucinic.

Masuknya Vucinic sekidit memberikan angin segar untuk "I Bianconeri". Dua peluang langsung didapat striker Montenegro tersebut. Sayangnya, peluang pertama masih membentur tiang, sedangkan berikutnya bisa dihalau bek Paolo Cannavaro.

Kendati demikian, Vucinic benar-benar memberikan perannya pada menit ke-72. Eks pemain AS Roma itu terpaksa dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh Federico Fernandez, sehingga wasit tak segan memberikan penalti untuk Juventus. Vidal yang menjadi algojo dengan tenang menaklukkan De Sanctis sekaligus membuat kedudukan kembali sama kuat 2-2.

Pada menit ke-85, "I Partenopei" terpaksa bermain dengan sepuluh pemain menyusul kartu merah yang diberikan kepada Pandev karena menghina hakim garis. Petaka kembali menghampiri Napoli jelang waktu normal berakhir. Juan Camilo Zuniga mendapatkan kartu kuning kedua yang artinya harus meninggalkan lapangan.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved