Hukum

MA Ganjar Anand Krishna 2,5 Tahun Penjara

Mahkamah Agung (MA) akhirnya resmi menyatakan bahwa Anand Krishna harus menjalani 2 tahun 6 bulan penjara.

TRIBUNMANADO.CO.ID-Mahkamah Agung (MA) akhirnya resmi menyatakan bahwa Anand Krishna harus menjalani 2 tahun 6 bulan penjara. Jaksa dapat segera mengeksekusi tokoh spiritual itu dengan memasukkan Anand ke Lembaga Pemasyarakatan.

"Kasasi JPU (jaksa penuntut umum) dikabulkan dengan suara bulat oleh majelis. Anand dinyatakan terbukti bersalah dalam dakwaan jaksa. Oleh Majelis Kasasi dihukum dua tahun enam bulan penjara," ujar Ridwan Mansyur, Kepala Biro Hukum dan Humas MA saat dihubungi di Jakarta, Jumat (03/08/2012).

Ridwan menjelaskan, majelis kasasi yang terdiri dari Zaharuddin Utama dengan dua hakim agung Achmad Yamanie dan Sofyan Sitompul sepakat bahwa Anand terbukti melakukan pencabulan. Hal tersebut sejalan dengan yang diatur Pasal 294 Ayat ke 2 KUHP jo. Pasal 64 Ayat 1 KUHP tentang 'Perbuatan Cabul'.

Ridwan mengatakan, putusan tersebut inkracht atau telah berkekuatan hukum tetap. Oleh sebab itu jaksa dapat segera mengeksekusi putusan dengan memasukkan Anand ke lembaga pemasyarakatan. "Putusan majelis kasasi otomatis inkracht, jaksa dapat segera mengeksekusi putusan dan memasukkan Anand ke penjara sebagai bagian dari proses hukum yang berlaku," ujarnya.

Sebelumnya, Anand ditetapkan sebagai tersangka perkara dugaan pencabulan terhadap salah seorang muridnya, Tara. Proses pengadilan Anand terjadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pada (22/11/2011) lalu, majelis hakim PN Jaksel yang diketuai oleh Albertina Ho memvonis Anand bebas. Anand tidak terbukti melakukan pencabulan sebagaimana yang didakwakan.Tidak terima oleh putusan PN Jaksel, jaksa penuntut umum kemudian mengajukan kasasi dan dikabulkan oleh Mahkamah Agung.

Baca juga: Komunitas Anand Ashram Pertanyakan Putusan MA
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved