Pengucapan Syukur

4 Desa Persembahkan 1,4 Miliar

Luar biasa persiapan warga Kalait Raya melakukan penyambutan tamu yang berkunjung dalam rangka pengucapan syukur, minggu (22/7).

4 Desa Persembahkan 1,4 Miliar
TRIBUNMANADO/QUIN SIMATAUW
Luar biasa persiapan warga Kalait Raya melakukan penyambutan tamu yang berkunjung dalam rangka pengucapan syukur, minggu (22/7).

-Awon Sajikan 250 Kilogram Daging

Laporan Wartawan Tribun Manado Quin Simatauw

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN -  Luar biasa persiapan warga Kalait Raya melakukan penyambutan tamu yang berkunjung dalam rangka pengucapan syukur, minggu (22/7).

"Ayam 40 kilo sekitar 15 ekor, babi 1 ekor sekitar 100 kilogram daging, anjing sekitar 75 kilo karena 5 ekor, dan ikan sekitar 30 kilogram, nasi 50 kilo, ya sekitar 250 kilogram bermacam-macam daging," ujar Awon Johnson Lendo, Tonaas Wangko setempat.

Sekitar 700 KK di 4 desa menyiapkan jamuan untuk para tamu sejak sabtu sore, dengan masing-masing rumah minimal 5 orang pemasak.

"Saya menyewa tukang masak dari Ranoyapo 4 orang," tambah Awon

Kesibukan juga nampak di dapur masing-masing rumah. Telmi Runtunuwu, istri Awon misalnya, waktu masih menunjukkan pukul 14.00 Wita, dan puluhan piring yang ia siapkan diakuinya telah dicuci berulang kali.

"Wah sudah tidak menghitung berapa kali mencuci piring, mungkin sudah 15 kali mencuci," ujarnya.

Pernyataan senada datang dari Hukumtua Kalait , Adri Karuh, ia mengaku juga menyiapkan ratusan kilogram daging seperti babi, anjing, paniki (kelelawar), ikan, ayam dan kue-kue lainnya.

"Buka rumah sekitar jam 11 siang usai ibadah gereja, ya tutupnya sampai makanan di meja habis atau sekitar jam 10 malam sudah sunyi disini," ujarnya.

Untuk kebutuhan jamuan tamu pada pengucapan kalait raya, Adri mengaku menganggarkan dana jutaan rupiah.

"Ya kurang lebih sekitar Rp 5 juta rupiah," ujarnya didampingi sang istri.

Anggaran sekitar Rp 5 jutaan juga diiyakan oleh Awon Johnson Lendo yang juga hukum tua Kalait dua.

Awon memperkirakan pada pengucapan kali ini setidaknya dana miliaran rupiah dihabiskan warga Kalait Raya dengan pembelanjaan berkisar 8 ton daging atau sekitar 90 - 95 ekor babi, 400 ekor anjing, 2100 ekor ayam, dan tiga kilo ikan dan tak kurang dari 10 ton nasi yang juga dikemas menjadi nasi bungkus

"Ya perkiraan 700 KK dengan anggaran dipukul rata setidaknya Rp 2 juta, ya minimal Rp 1,4 Miliar untuk pengucapan kali ini," tukasnya.(uke)

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved