Jelang Ramadhan

Ramadhan, Pemilik Tempat Hiburan di Bolmong Sepakat Tutup Usahanya

Para Pemilik dan pengelola tempat hiburan malam di daerah Bolmong Raya sepakat menutup usahanya sepanjang bulan Ramadhan.

Ramadhan, Pemilik Tempat Hiburan di Bolmong Sepakat Tutup Usahanya
IST
Pertemmuan antara pemilik tempat hiburan dan Polres Bolmong
Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Para Pemilik dan pengelola tempat hiburan malam di daerah Bolmong Raya sepakat menutup usahanya sepanjang bulan Ramadhan. Mereka akan membukanya kembali tiga hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1433 hijriah.

Kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat antara Polres Bolmong dan  pemilik cafe, karaoke, billyard dan tempat-tempat hiburan lainya di Bolmong Raya, Senin (16/72012). Desen Sumbung, pemilik DS Karaoke, mengatakan tidak keberatan menutup tempat usahanya sehari jelang tanggal 1 Ramadhan yag kemungkinan bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2012.

"Mengantisipasi ada yang melakukan puasa ditanggal 19 Juli, lebih tepat seluruh aktifitas yang ada di cafe atau restauran dihentikan tanggal 18 Juli. Kami harap bisa buka kembali tiga hari setelah lebaran," ujar Desen.

Rapat bersama tersebut dipimpin oleh Wakil Kepala Polres Bolmong Kompol Rustanto. Hadir juga Kepala Bagian Operasi Polres Bolmong Kompol Iwan Manurung dan Kepala Satuan Intel Polres Bolmong AKP Teddy Pontoh serta perwakilan Pemkot Kotamobagu dati Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Rustanto mengatakan, dibutuhkan sebuah kesepakatan dengan pemilik cafe dan restauran guna menjaga toleransi dan integrasi beragama di Kotamobagu dan Bolmong Raya. Apalagi, Tanah Totabuan terkenal dengan toleransi yang tinggi.

"Kami harapkan toleransi semua pihak menghadapi bulan suci Ramadhan yang akan dijalani umat Muslim. Polri yakin, Kotamobagu, umumnya Bolmog merupaka daerah yang sudah teruji toleransinya," kata Rustanto.

Selain penutupan tempat hiburan malam, Polres Bolmong juga akan mengadakan operasi penyakit masyarakat (pekat). Menurut Kabag Ops, Iwan Manurung operasi tersebut akan dilaksanakan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Kegiatan ini terutam diadakan di Kotamobagu.

"Sudah dari minggu kemarin kami melakukan operasi dan sudah beberapa pasangan, miras dan beberapa hal yang lain kami tindaki," kata Iwan.

Penulis: Edi Sukasah
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved