Bencana

BNPB Verifikasi 14 Titik Rawan Bencana Kabupaten Gorontalo

Sebagai tindak lanjutnya tercatat 14 titik.

Laporan Wartawan Tribun Gorontalo Budi Susilo

TRIBUNMANADO.CO.ID, GORONTALO - Tim BNPB Verifikasi Titik Bencana Direktorat Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, bertemu tatap muka dengan jajaran pemerinah Kabupaten Gorontalo.

Dari BNPB adalah Ir. Siswanto Budi Prasosjo, MM, bersama rombongan, Rabu (11/7/2012) tiba di kantor Bupati Gorontalo dan diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Gorontalo Tonny S Junus.

Kunjungan BNPB tersebut sehubungan pelaksanaan verifikasi pada 14 titik rawan bencana yang ada di daerah ini.

Menurut Kaban Penanggulangan Bencana Kabupaten Gorontalo Abd. Bar Yahya, Pemkab Gorontalo telah mengajukan proposal penanganan bencana pada 49 titik rawan bencana ke BNPB Pusat. "Sebagai tindak lanjutnya tercatat 14 titik," tuturnya.

Dan nantinya, jelas Yahya, akan diverifikasi sebagai sampel oleh tim pada hari itu juga.

"Patut kita syukuri kedatangan tim BNPB ke Kabupaten Gorontalo, karena dengan demikian harapan masyarakat terhadap peningkatan penanggulangan bencana di daerah akan bisa terwujud", ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tonny S. Junus kepada Siswanto mengutarakan, hadirnya BNPB di daerah telah sangat membantu masyarakat yang bermukim di titik-titik bencana.

Hal tersebut kata Wabup, bisa terlihat dari tidak lagi adanya keluhan-keluhan masyarakat yang tertimpa bencana.
"Hadirnya BNPB di daerah telah banyak membantu Pemda dalam menangani bencana, dimana kesigapan personil yang tersedia mampu melakukan penangangan tepat sebelum terjadinya bencana", ungkap Tonny.

Ia menambahkan, meski masih ada beberapa masyarakat yang sulit dievakuasi dan cenderung bertahan dalam rumah saat bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Pusat, Siswanto menyatakan, agar lebih berkelanjutan dalam menangani bencana.

"Pemda juga diharapkan dapat menyediakan dana siaga melalui APBD. Ketersediaan dana urgensi itu menurutnya akan lebih membantu penanganan bencana dilapangan," harapnya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved