Torang Kanal

Aprilia Citra Tulandi Senang Menanam Pohon

Kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon untuk kelestarian alam terus mengalami peningkatan

Aprilia Citra Tulandi Senang Menanam Pohon
TRIBUNMANADO/JOICE HAPE
Aprilia Citra Tulandi
Laporan Wartawan Tribun Manado Joice Hape

Kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon untuk kelestarian dan keseimbangan alam demi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai gerakan konservasi hutan mulai digalakkan. Reboisasi juga sudah menjadi program dari pemerintah.

Namun kebijakan pemerintah untuk menjaga lingkungan juga harus didukung oleh masyarakat. Karena tidak semua orang memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan. Bagaimana dengan Aprilia Citra Tulandi?

“Meskipun saya tidak rutin menanam pohon, namun saya selalu terlibat dalam gerakan tanam pohon yang dilakukan di sekolah. Karena sya senang menanam pohon, yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam, ” jelasnya

Gadis kelahiran 18 April 1996 ini mengatakan, satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup. Sehingga dapat mewujudkan lingkungan social, budaya, dan ekonomi yang seimbang. “Pohon dapat membantu proses respirasi makhluk hidup, sebagai penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, dan memelihara kesuburan tanah, ” katanya.

Gadis yang akrab disapa Gebby ini mengungkapkan, hilangnya satu pohon telah memutus mata rantai kehidupan, jumlah hewan semakin  berkurang dan hampir punah karena habitat rusak.
“ Pohon ditebang menyebabkan panas bumi meningkat, jumlah pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Demikian pula jumlah pasokan air dalam tanah semakin berkurang sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih, ” ujar Gebby yang hobi berenang.

Siswi kelas 3 SMK N1EGERI I Manado ini mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. “Dengan menyisihkan sebagian lahan saat melakukan pembangunan untuk penghijauan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Tentunya juga bermanfaat untuk kelestarian alam yang berdampak positif terhadap kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup,” tambah Gebby yang bercita-cita menjadi peragawati.

Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved