News Analisis

Golkar Jadi Penentu

Pengusulan 3 nama calon oleh Gerindra memang mutlak dilakukan,

Mahyudin Damis

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - DIUSULKANNYA 3 nama calon Wakil Wali Kota dari Partai Gerindra, yakni Wenny Lumentut, Ferdinand Mono Turang, dan Piet  Arabaa ke Wali Kota Jimmy Eman, Jumat (6/7), memberi angin segar bagi masyarakat Kota Tomohon. Sebab, kekosongan jabatan Wakil Wali Kota yang ditinggalkan Eman, dipastikan akan segera terisi.

Pengusulan 3 nama calon oleh Gerindra memang mutlak dilakukan, sebab sesuai dengan amanat Undang-undang sebagai partai pengusung saat Pemilukada lalu. Namun, pengusulan tersebut belum lah lengkap, jika Golkar sebagai pengusung dengan jumlah kursi (8) terbanyak, belum mengajukan nama calon sesuai batas waktu yang ditetapkan.

Sebagai penentu, Golkar wajib mengajukan calon, agar memudahkan Wali Kota untuk menentukan 2 nama calon yang akan diusulkan ke DPRD untuk dipilih dalam DPRD. Jika tak diusulkan, tentu ini merugikan Golkar sendiri, karena tak mampu memenuhi tanggungjawab moralnya, hingga akan menimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat, terutama puluhan ribu konstituen Golkar yang memilih saat Pemilukada lalu, apakah ini sebagai hadiah atau balas jasa bagi Gerindra, ataukah ada persoalan lain.

Banyaknya kader potensial diiinternal Golkar, tentu memberikan banyak pilihan bagi Wali Kota dalam menentukan pendampingnya, yang akan bersama-sama menjalankan pemerintahan dalam mensejahterakan rakyat di daerah ini.

Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved