Torang Kanal

Briptu Tampan Ini Siap Berkebun

Kita jangan hanya berpikir menanam padi.

Briptu Tampan Ini Siap Berkebun
TRIBUNMANADO/ ALDI PONGE
Briptu Gerry Sambuaga.
Laporan Wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dalam rangka mendukung swasembada pangan, kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut)mendorong personilnya untuk ikut berkebun dengan mengusung program polisi bakobong (polisi berkebun).

Bagi pemuda lajang pemilik nama lengkap Gerry Sambuaga program ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pria yang berprofesi sebagai polisi dengan pangkat brigadir satu  (Briptu) ini mengaku sangat mendukung jika polisi bakobong yang dilaksanakan atasannya ini.

"Program ini dapat lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat. Kalau masyarakat sudah sejatera  maka nanti kejahatan akan menurun maka polisi akan senang," ujar Gerry, Selasa (3/7/2012) di Mapolda Sulut.

Menurut pria kelahiran Palu 16 September 1988, program ini bisa menjadi sarana mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat dan juga tentunya harapannya membangkitkan kembali budaya mapalus yang telah ada sejak dahulu ada dan  yang kini telah mulai luntur. "Sisi lain bahwa kerjasama antara polisi, pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat membangkitkan kembali budaya mapalus," jelas warga Kelurahan Teling Atas ini.

Selain menanam padi, menurut Gerry yang ditanam juga bisa pangan alternatif lainnya seperti menanam singkong, dan jagung. Polisi atau masyarakat juga dapat memilih makanan alternatif tersebut. "Kita jangan hanya berpikir menanam padi. Kita dapat menanam jagung dan singkong maupun umbi-umbian," terang penyuka nasi goreng dan jus advokad ini.

Kalau sudah berhasil dan siap dipanen, kata Gerry hasilnya bukan hanya bisa dimakan tapi juga bisa di jual untuk kepentingan yang lain. "Kalau polisi sudah berkebun dan sudah sejatera. Maka masyarakat juga akan ikut berkebun juga," ujar putra pasangan Jacky Sambuaga dan Felma Anggoman ini.

Untuk itulah, Gerry optimistis kegiatan yang dapat menjadi bagian pendekatan polisi untuk menjalin kerja sama dengan masyarakat bisa terlaksana. "Marilah kita bersama-sama mendorong kegiatan polisi bakobong ini agar dapat terlaksana untuk kesejaterahan polisi dan masyarakat," ajak pria yang juga ajudan Kapolda Sulut Brigjen Dicky Atotoy ini.

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved