Torang Kanal

"Takut Ditilang Akhirnya Saya Berbohong"

Waktu itu saya sedang berada di Bali, pada saat menyetir mobil, karena terburu-buru saya lupa membawa surat izin mengemudi (SIM).

TRIBUNMANADO/JOICE HAPE
Junita Lasut.
Laporan Wartawan Tribun Manado Joice Hape

“Waktu itu saya sedang berada di Bali, pada saat menyetir mobil, karena terburu-buru saya lupa membawa surat izin mengemudi (SIM). Mobil saya diberhentikan oleh seorang polisi lalu lintas. Karena takut ditilang, akhirnya saya berbohong kepada polisi itu dengan mengaku kalau saya adalah turis asing, dengan menggunakan bahasa inggris. Kebetulan rambut saya juga pirang, pada akhirnya saya tidak jadi ditilang, ” ujar Junita Lasut.

Demikian sepenggal kisah yang ia alami dengan sosok Polisi. Dalam merayakan HUT Bhayangkara tugas polisi sangatlah penting dan mulia, untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Baik buruknya pelaksanaan tugas tersebut dinilai dari hasil pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. “Polisi memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kenyaman masyarakat, dan ini merupakan tanggung jawab yang luar biasa. Bisa dikatakan mereka itu adalah pahlawan, ” ujarnya.

Wanita kelahiran Jakarta 7 Juni 1977 ini, bangga dengan polisi yang menjalankan tugas dengan baik yaitu dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.
“Seharusnya polisi itu memiliki sifat yang ramah dan bersahabat dengan masyarakat. Namun tetap menunjukkan wibawanya. Karena saya melihat banyak polisi yang mukanya galak, padahal senyum dan bersikap ramah dengan masyarakat itu merupakan tindakan yang positif, ” ujarnya
Karyawati di salah satu perusahaan swasta di Kota Manado ini mengatakan, sikap dan tindakan dari polisi itu sangat mempengaruhi masyarakat. Sebagai penegak hukum, polisi harus menjadi teladan bagi masyarakat.

“Saya berharap polisi bisa menjadi contoh yang baik. Bersikap adil tanpa melihat latar belakang. Apalagi sedang menjalani tugas, polisi tidak hanya mencari kesalahan masyarakat tetapi juga harus memberikan solusi, agar ke depannya tidak lagi terjadi kesalahan yang sama, ” kata Wanita yang akrab disapa Nita.
Nita mnegaku pernah mempunyai pengalaman berurusan dengan polisi saat berada di jalan raya, karena melanggar peraturan lalu lintas.

Alumni SMA Katolik Rex Mundi Manado ini mengaku kesal dengan polisi yang mengambil keuntungan dari masyarakat saat menjalankan tugas. Karena perbuatan tidak terpuji itu dapat merusak nama baik pihak kepolisian dan merugikan masyarakat. “Dalam menjalankan keawajiban, seharusnya mereka bisa menjaga kepercayaan dari masyarakat, dengan bersikap jujur, tegas dan disiplin. Karena polisi yang seperti itulah yang menjadi kebanggaan masyarakat, ” katanya.

Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved