Kebakaran Rumah

Rumah Ludes di Lahap Jago Merah Rugi Capai 500 Juta

Api menyebar dengan cepat saat terjadi kebakaran, sebab sebagian rumah terbuat dari kayu, usianya pun sudah tua sekitar 20-an tahun

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON—Kebakaran rumah kembali terjadi di Kota Tomohon, Rabu (20/6) sekitar pukul 09.30 Wita. Kali ini menimpa 3 keluarga di Kelurahan Tara-tara I Lingkungan IV, Kecamatan Tomohon Barat yang mendiami 1 rumah semi permanen.

Beruntung dalam kebakaran tersebut tak sampai menimbulkan korban jiwa, dan juga tak meluas, karena petugas pemadam kebakaran bersama 1 unit mobil dibantu tangki air PDAM, bersama masyarakat dan Polisi, sigap memadamkan api.

"Api menyebar dengan cepat saat terjadi kebakaran, sebab sebagian rumah terbuat dari kayu, usianya pun sudah tua sekitar 20-an tahun, sehingga mempercepat terjadinya kebakaran. Apalagi cuaca panas. Tapi, beruntung api tak menyebar ke rumah lain, sebab dapat dipadamkan oleh 1 unit kendaraan pemadam kebakaran, dibantu 1 tangki PDAM untuk supply air,” jelas AKP Tonny Salawati, Kapolsek Urban Tomohon Tengah, kemarin.

Ia menjelaskan dari hasil pengembangan sementara, penyebab kebakaran diduga berasal dari tungku masak, yang apinya tak dipadamkan setelah memasak.

"Tak ada korban jiwa dalam kebakaran, tapi kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 500 Juta. Sebab, barang-barang elektronik, dan uang hasil panen cengkeh ikut terbakar juga,” ungkapnya.


Albert Mongdong, penghuni rumah mengakui sebelum api membesar, telah melihat asap dari dapur, tapi tak dihiraukan, sebab dikiranya ada anggota keluarga lain yang memasak. Ia baru mengetahui ternyata terjadi kebakaran, ketika merasa panas, saat kan tidur setelah melakukan aktivitasnya sebagai tukang ojek.

Ketika api membesar, ia tak kuasa memadamkan sendiri sehingga upaya meminta pertolongan dari warga sekitar pun dilakukan. Dan beruntung petugas pemadam kebakaran segera datang, sehingga api dapat segera dipadamkan.
Penulis:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved