Bencana

Astaga Hanya 10 Detik, Angin Merusak 30 Rumah

Dusun Mudal dan dusun Ngempol Lor, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Senin (15/4/2012) sekitar pukul 15.40 diterjang angin puting beliung

Hanya 10 Detik, Angin Merusak 30 Rumah
TRIBUN JOGJA/BUNNAYA
Warga memberishkan pohon tumbang di Lowanu, Sorosutan, Yogyakarta, Selasa (25/1/2011) siang.

TRIBUNMANADO.CO.ID, SLEMAN – Dusun Mudal dan dusun Ngempol Lor, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Senin (15/4/2012) sekitar pukul 15.40 diterjang angin puting beliung.  Terjangan ini mengakibatkan sekitar 30 rumah rusak dan dua orang luka ringan yakni Theofani dan Harno.

Theofani (25)  warga Mudal   mengatakan kejadian hanya sekitar 10 detik saja. Namun toko milik keluarganya yang menjual batu alam  stone mart rusak parah. Asbes di tokonya berhamburan keluar. Sehingga atap bagian tokonya rusak parah. "Kerusakan ini paling ruginya ada 100jutaan. Disini tak ada korban hanya luka ringan pada tangan saya," kata dia kepada Tribun Jogja dilokasi kejadian.

Saat kejadian, Theofani mendengar ada suara gemuruh dari arah tenggara. Tiba-tiba ada angin kencang yang langsung berputar-putar disekitar rumahnya. "Saya takut saya hanya bisa berdiri dalam toko, karena saya takut kejatuhan barang-barang. Saya hanya bisa pasrah sama Tuhan dan tak henti-hentinya tadi berdoa," kata dia.

Prasetyo Isudi Atmoko (40) Nglempong Lor juga mengalami keruskan pada rumahnya akibat tertimpa pohon senu dan pohon mindi. Kerusakan paling parah adalah pada bagian dapur dan kamar belakang. "Saat kejadian saya tidak ada dirumah. Jadi saya tidak tahu seperti apa. Tahu-tahu rumah rusak," kata dia

Priska Arlita (23) warga asal Wonosari yang indekos  di Nglempong Lor  mengaku panik saat kejadian sehingga hanya bisa berdiam diri dalam kamar. Saat kejadian tembok pembatas tempat kos dia ambruk. Kemudian asbes 7 kamar kos melayang. "Kejadianya sekitar 3 menit saja. Saking panik kami keluar dan kumpul dilapangan. Sekarang ini kami bingung soalnya kalau hujan kami harus cari tempat," kata   Nimas NW (29) asal Semarang penghuni kos lainya.

Camat Ngaglik Suyudi mengatakan kerusakan sementara ada 8 rumah rusak ringan dan 18 rumah rusak sedang berat di dusun Mudal. Selain rumah satu mobil milik warga juga rusak. "Sementara data  kerusakan yang masuk baru ini. Untuk kerugian kami belum bisa memperkirakan," kata dia.

Pantuan Tribun Jogja kerusakan di dusun Ngempol Lor ada sekitar 5 rumah yang rusak. Kerusakan paling parah pada tempat kos milik Adi Nugroho (32) karena seluruh asbes kamar kos melayang dan tembok pembatas ambrol. (*)

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved