Ekonomi

Krisis Utang Eropa Kembali Menimbulkan Kekhawatiran

Krisis utang eropa kembali menimbulkan kekhawatiran akan menghambat pertumbuhan ekonomi dunia

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Krisis utang eropa kembali menimbulkan kekhawatiran akan menghambat pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini disebabkan tidak mulusnya penggalangan dana dari negara-negara Eropa.

Pada lelang obligasi negara Spanyol, Rabu (4/4), kemarin, total penjualan pada Euro 2,5miliar vs. maksimum potensial pada Euro 3,5miliar. Pada lelang kemarin terjadi penurunan permintaan dengan rasio Bid-to-Cover menjadi 2,41X vs. 4,96X pada lelang sebelumnya.

"Sementara imbal hasil untuk tenor 10 tahun meningkat menjadi 5,7 persen, tertinggi sejak Januari 2012," kata Kepala IPOT Cabang Manado, Cichi Rahayu Pamona, Kamis (5/4).

Menurut Cichi, lelang obligasi negara Spanyol ini menjadi fokus investor saham baik di Amerika maupun Eropa kemarin. Karena peristiwa ini dijadikan rujukan atas prospek pendanaan untuk negara Eropa kedepan yang saat ini dianggap kurang optimistis.

"Pasar obligasi Italia juga terkena imbasnya dan mengalami kenaikan imbal hasil.  Demikian juga pasar komoditas kemarin rata-rata ditutup melemah signifikan," ujarnya.

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved