Breaking News:

Aktivitas Gunung Lokon

Gempa lebih 200 Kali

Gunung Lokon kembali menunjukkan peningkatan aktivitas dari pusat Kawah Tompaluan.

Penulis:
Editor:
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada


TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
- Gunung Lokon kembali menunjukkan peningkatan aktivitas dari pusat Kawah Tompaluan, Senin (10/10/2011). Ini ditandai dengan terekamnya gempa vulkanik dan tremor pada sesmograf hingga ratusan kali.

Farid Bina, Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon mengatakan gempa vulkanik yang terekam sejak pagi melebihi 200 kali, baik vulkanik A (gempa dalam) maupun vulkanik B (gempa dangkal). "Adanya gempa vulkanik mengindikasikan supply energi baik magma maupun gas terus terjadi," jelasnya kepada Tribun Manado.

Kendati aktivitas menunjukkan peningkatan, namun status Gunung Lokon masih tetap siaga (level III) dengan radius bahaya 2,5 Km. "Masyarakat harus waspada apabila arah angin bertiup dari Utara ke Barat, karena bisa saja material seperti abu vulkanik, dapat memberi dampak langsung," kata Farid.

Ia mengingatkan masyarakat tidak panik dan percaya dengan isu-isu yang tak jelas, sebab perkembangan aktivitas Gunung Lokon selalu dikoordinasikan dengan pemerintah. Jadi, jika keadaan membahayakan pasti akan diinformasikan secepatnya, untuk menghindari hal-hal tak diinginkan. (war)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved