Ekonomi

Pengusaha Memanfaatkan Pertumbuhan Ekonomi Sulut

Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang tumbuh baik tentu langsung dimanfaatkan dari berbagai para pelaku ekonomi.

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang tumbuh baik tentu langsung dimanfaatkan dari berbagai para pelaku ekonomi seperti para pengusaha seperti para pedagang dan usaha riteil di Manado. Namun kedepannya Pemerintah Provinsi kedepannya perlu mendorong sektor investasi.

"Semua pengusaha kan anggota kamar dagang dan industri, jadi pengusaha riteil memanfaatkan untuk saat ini," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulut, Christian Pua saat ditemui Tribun Manado di Hotel Sintesa Peninsula, Rabu (5/10). 

Karena dengan adanya terobosan dari pemerintah dengan berbagai acara-acara kegiatan nasional dan internasional dan lobi keluar memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Sulut. Christian menambahkan Investasi yang perlu diuatama adalah investasi dari lokal kemudian baru regional.

Christian menambahkan pertumbuhan ekonomi tersebut juga karena ada investasi sehingga  perlu ada penambahan investasi ke Sulawesi Utara. Namun untuk investasi regional, menurutnya, lebih efektiv investor dari kawasa asia tenggara, karena lebih memudahkan dalam pembiayaan transportasi.

"Sehingga kawasan Asia Tenggara ini berjalan, karena ini lebih cepat. Kalau yang jauh sampai ke Eropa kita kalah di transpor apalagi pelabuhan Bitung Hub Port belum ada, sehingga pengiriman barang harus lewat ke Surabaya, lalu ke Jakarta jadi perjalan panjang dan tentu membutuhkan penambahan biaya," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Sulawesi Utara harus terus menggenjot agar pelabuhan Bitung bisa menjadi pelabuhan internasional sehingga bisa menambah dari pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara sendiri. Dalam berinvestasi sebaikanya pemerintah daerah harus melihat negara Cina yang memberikan kemudahan bagi para investor.

"Cina memberikan kemudahan bagi investor dengan memberikan lahan yang murah dan pembayaran bisa setelah 10 tahun atau 15 tahun. Tentu ini memberikan rangsangan buat investor dan pertumbuhan ekonomi pun meningkat. tapi kalau sebalikanya, tentu investor lari," ucap Christian.

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved