Bencana

BPBD Kota Bitung Kekurangan Peralatan Atasi Bencana

Kami menghimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati dengan cuaca saat ini

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere


TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG
- Curah hujan yang turun dalam volume besar di Kota Bitung selang tiga hari ini membuat Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Bitung menghimbau kepada warga yang bermukim di daerah yang rawan bencana untuk berhati-hati.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kaban BPBD Bitung Jopy Sarante. "Kami menghimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati dengan cuaca saat ini," kata Sarante. Pihak BPBD kota Bitung sendiri tetap siap siaga dengan datangnya musibah bencana di Bitung. "Jangan sampai jatuh korban," tambahnya.

Ia menilai saat ini masyarakat sudah tau dan berjaga-jaga jangan sampai terjadi bencana yang akan merugikan mereka. Pihaknya sendiri tetap akan fokus untuk menanggulani bencana yang akan terjadi. "Meskipun dengan keterbatasan peralatan," ujarnya.

Badan penanggulanngan bencana sendiri saat ini hanya berharap pada mobil pemadam kebakaran dan staf lapangan yang dimilikinya. "Meskipun begitu kami tetap siap siaga dalam menanggulangi bencana dalam situasi apapun baik susah maupun senang," kata Sarante sembari menambahkan dirinya sudah mengingatkan petugas yang berada di pos penanggulangan bencana agar siaga.

Terkait peralatan dan perlengkapan yang minim Sarante tidak menampiknya karena sudah pernah dilakukan pungusulan pengadaan ke Badan penanggulangan bencana nasional (BPBN). "Pernah usulkan ke Jakarta lewat Provinsi dan ditanda tangani oleh Wali Kota Bitung," tuturnya.

Permitaan tersebut meliputi 40 item alat-alat pendukung untuk penanggulangan bencana di Kota Bitung. "Seperti mobil untuk penanggulangan bencana tenda dan masker," kata dia. Maka dari itu pihaknya tinggal menunggu dan mengecek sampai dimana perkembangannya. Di Bitung senditi kata Sarante untuk musibah bencana yang paling menonjol yaitu kebakaran, banjir, dan longsor. "Titik rawan bencana ada di Kelurahan Pateten, Kakenturan, Madidir, Pusat Kota, dan Pos IV dekat Pelabuhan Samudera Bitung," pungkasnya.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved