Breaking News:

Bencana

Pemkab Minahasa Tak Punya Dana Perbaiki Jalan Longsor

Pemkab Minahasa tidak menganggarkan dana pekerjaan untuk melakukan perbaikan bagian jalan yang amblas karena longsor

Editor:
Laporan Wartawan Tribun Manado Lucky F Kawengian


TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Ruas jalan antara Desa Atep dan Menembo, Kecamatan Langowan Selatan yang rusak parah dan berbahaya karena rawan longsor harus menunggu sampai 2012 untuk diperbaiki.

Sekda Minahasa, Drs Warouw Karouwan MM saat diwawancarai Tribun Manado, Senin (5/9/2011) menjelaskan, saat ini Pemkab Minahasa tidak bisa berbuat apa-apa untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Menurutnya, Pemkab Minahasa tidak menganggarkan dana pekerjaan untuk melakukan perbaikan bagian jalan yang amblas karena longsor pada Sabtu (3/9/2011) silam.

Dirinya mengakui ruas jalan tersebut perlu mendapat perbaikan karena bisa membahayakan pengguna jalan. Namun di lain pihak, Pemkab Minahasa tidak bisa sembarangan mengeluarkan dana pekerjaan untuk kegiatan yang tidak tertata dalam APBD. Menurutnya, penggunaan dana dibatasi aturan.

"Pemkab Minahasa tidak memiliki dana bencana yang bisa digunakan untuk kegiatan pekerjaan akibat bencana alam. Kita tidak bisa mengeluarkan uang untuk pekerjaan yang tidak tertata dalam APBD. Walau tujuannya baik, namun dana digunakan tidak sesuai peruntukan, kami akan dipersalahkan dan bisa berhadapan dengan hukum," ujarnya.

Ruas jalan sepanjang sekitar delapan kilometer antara Desa Atep dan Manembo saat ini berbahaya dilewati. Ada sebagian jalan yang telah amblas karena longsor. Selain itu, banyak titik rawan longsor jika terjadi hujan. Areal yang berbahaya adalah daerah-daerah bekas longsor yang tanahnya terlihat labil dan bisa longsor kembali.

Sebelumnya, satu orang meninggal dan  satu orang lainnya luka parah dan dirawat di Rumah Sakit Bethesda Tomohon. Dua orang lainnya beruntung bisa selamat dan tidak menderita luka akibat longsoran tanah dilokasi yang sama. Tercatat sekitar 20 titik longsor pada tebing samping jalan sepanjang ruas jalan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Minahasa, Jhon Kusoy mengatakan, pihaknya belum bisa menanggarkan perbaikan jalan tersebut dalam APBD-P Minahasa 2011. Menurutnya, pihaknya telah mengalokasikan pekerjaan di daerah lain sehingga tidak bisa dipindahkan.

"Kami belum bisa melakukan pekerjaan perbaikan jalan di sana. Kemungkinan besar ruas jalan tersebut akan diperbaiki pada tahun anggaran 2012 mendatang," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pekerjaan yang akan dilakukan pada ruas jalan tersebut adalah pembuatan tanggul pada sisi jalan untuk mencegah jalan tersebut longsor jika terjadi hujan. (luc)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved