Renungan Minggu

Gereja Yang Dewasa

Seiring bertambahnya waktu, bertambah pula waktu pengiringan kita kepada Tuhan Yesus.

Gereja Yang Dewasa
IST
Pdt Meilin Mandey
Gereja Yang Dewasa
I Samuel I : 1-11


Pdt Meilin Mandey
Gembala GPdI Agape Bengkayang
Kalimantan Barat

Seiring bertambahnya waktu, bertambah pula waktu pengiringan kita kepada Tuhan Yesus. Namun... Gereja yang dewasa bukan di tentukan oleh berapa lama kita menjadi anak Tuhan, melainkan diukur dengan Firman Tuhan lewat bagaimana kita mengalami masalah. Melalui perikop Firman Allah ini, Hana adalah gambaran Gereja yang dewasa.

Ada 3 (tiga) cara mengukur Gereja yang dewasa, dalam perikop ini bertolak dari keteladanan Hana, yaitu:
1. Menghadapi Masalah Pribadi (Tuhan Menutup Kandungan-Nya. I Samuel 1:5c). Akibat dari hal ini Hana tidak ada kemungkinan untuk dapatmelahirkan anak bagi suaminya. Hana bukanlah orang yang tidak mengenal Tuhan, tetapi ia adalah orang yang setia kepada Tuhan (ayat 3).

Kadangkala Tuhan meluaskan persoalan atau masalah atau penyakit datang kepada kita itu bukan karena Dia tidak mencintai kita, tetapi Tuhan ingin menyatakan kemuliaan-Nya pada waktu-Nya.

2. Menghadapi Masalah Keluarga (Madunya Selalu Memancing Kemarahan Hana. I Samuel 1:6). Dari masalah ini apa yang diperbuat Hana? Hana tetap datang kepada Tuhan dengan sujud menyembah dan mempersembahkan korban pada Tuhan. Artinya: Tekanan yang dialami Hana tidak mengurangi semangatnya untuk berbuat yang terbaik bagi Tuhan.

3. Menghadapi Masalah Dengan Gembalanya (Iman Eli. I Samuel 1:14). Pada saat Hana datang kepada Tuhan lewat berdoa, Gembalanya tidak mengerti kesusahannya tetapi malah menyangkanya mabuk Anggur.

Jika ke-3 masalah ini datang kepada kita (Masalah Pribadi, Keluarga dan Masalah dengan Gembala kita) saat ini secara bersamaan seperti yang dialami Hana. Apa yang anda lakukan? Yang dilakukan oleh Hana adalah: DATANG KEPADA TUHAN ketimbang lari menjauh dari-Nya.

Demikian juga halnya diperbuat oleh Daud, Raja Israel, dia sangat bersuka cita jika ada orang mengajaknya pergi ke rumah Tuhan (Mazmur 122:1)

Ada apa dalam Rumah Tuhan?
a. Ada Damai Sejahtera (Hagai 2:10)
b. Ada Berkat yang Tuhan sediakan dan perintahkan datang kepada kita (Mazmur 118:26)

Jadi Gereja yang dewasa adalah Gereja yang mau eksis datang kepada Tuhan walaupun mengalami masalah. Karena masalah adalah berkat, dan bukti kedewasaan Hana menghadapi masalah maka ia bisa menuai apa yang ia tabur yaitu Hana mengandung dan melahirkan anak (I Samuel 1:20). Amin. (*/obi)

Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved