Breaking News:

Bencana

Warokka: Boltim Rawan Pergeseran Tanah

Jangan sampai misalnya hutan di Modayag dijadikan pemukiman warga maka nanti Tutuyan yang akan menerima banjir bandangnya

Editor:
Laporan Wartawan Tribun Manado Quin Simatauw


TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTABUNAN
- Kondisi ekstrem wilayah Boltim yang rawan akan pergeseran tanah karena memiliki perbedaan ketinggian wilayah yaitu 0 meter dan 1000 meter mengharuskan penataan Rencana Tata Ruang Wilayah haruslah menyesuaikan kondisi geografis tanpa melupakan galian potensi yang ada.

Satu hal yang tak boleh dianggap enteng adalah keberadaan hutan penyangga yang sewaktu-waktu bisa dialihfungsikan menjadi pemukiman warga. Jika hal ini terjadi maka Boltim sudah dipersiapkan menjadi daerah penerima bencana.

Masukan tersebut dijelaskan oleh JS Warokka selaku Kadistarnak Boltim pada sesi masukan SKPD ditengah rapat pembahasan RTRW yang berlangsung kamis siang (28/7/2011) di rumah makan Tanjung Kotabunan.

"Jangan sampai misalnya hutan di Modayag dijadikan pemukiman warga maka nanti Tutuyan yang akan menerima banjir bandangnya," jelas JS Warokka memberi masukan.

Usulan lainnya adalah pemetaan potensi daerah yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan pembangunan berbagai fasilitas penunjang. Pembangunan jalan lingkar atau penghubung antar kecamatan seperti Kotabunan dan Modayag juga menjadi masukan yang dipastikan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Berbagai usulan yang disampaikan pada pembahasan RTRW tersebut ditanggapi positif oleh tim teknis dari Provinsi Sulut.

"Seperti halnya Modayag dengan potensi kentangnya maka nantinya akan dibangun sentra penunjang seperti pengolahan kentang dan lainnya," jelas seorang tim teknis yang berasal dari Provinsi Sulut.

Pada pembahasan RTRW tersebut, tim teknis Provinsi Sulut juga menawarkan konsep pembangunan yaitu membangun dan mengembangkan  Boltim sebagai kabupaten hijau (green city) dengan mengutamakan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.(uke)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved