Breaking News:

Gunung Lokon Status Awas

Pemko Tomohon: Besok Selasa, Evakuasi Jalan

Besok kita siap action, jadi tenda sudah harus didirikan

Penulis: | Editor:
Pemko Tomohon: Besok Selasa, Evakuasi Jalan
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Sejak dinaikkan status menjadi awas, Gunung Lokon hari ini mulai menyemburkan abu vulkanik hingga ketinggian 600 meter.
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada


TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
- Proses evakuasi terhadap warga yang berada  di lokasi rawan bencana pada radius 3,5 Km seperti Kinilow Lingkungan I, II, III dan VII, Kinilow I Lingkungan V dan Kakaskasen I akan mulai dilakukan, Selasa (12/7) besok.

Hal itu diungkapkan Arnold Poli, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kota Tomohon dalam rapat darurat bersama Muspida, Camat dan Lurah, Senin (11/7) sekitar pukul 17.45 Wita. "Besok kita siap action, jadi tenda sudah harus didirikan," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah masih menyiapkan dan mengecek kondisi logistik sebelum memindahkan warga. "Tapi bisa juga dilaksanakan evakuasi sendiri, misalnya mengungsi ke rumah keluarga yang dinilai aman," jelas Poli.

Pemerintah juga katanya masih akan memastikan sarana yang dipakai semuanya berfungsi dengan baik. "Kendaraan yang diparkir sudah harus ada bensin, bukan cuma tampak fisik, agar bisa action besok," tegasnya.

Herry Lantang, Camat Tomohon Timur mengatakan akan melakukan evakuasi paksa jika ada warga yang tak mau dievakuasi dalam kondisi bahaya. "Yang tidak mau divakuasi akan dipaksa jika masuk dalan daerah rawan bencana," tukasnya. (war)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved