TribunManado/

Pemilihan Paus

Para Kardinal Memilih Paus Mulai Hari Ini

Kapel Sistina akan disisir setiap hari untuk mencari alat penyadap

Para Kardinal Memilih Paus Mulai Hari Ini
ist
Para Kardinal memasuki Kapel Sistine saat konklaf yang akhirnya memilih Paus Benediktus XVI tahun 2005

Sebanyak 115 kardinal-pemilih akan menghadiri Misa khusus di pagi hari sebelum memasuki Kapel Sistina untuk memulai prosesi di sore hari.

Mereka akan memilih empat kali dalam satu hari hingga dua pertiga suara menyetujui satu kandidat.

Pemilihan ini dipicu oleh pengunduran diri mendadak Benediktus XVI.

Tantangan memimpin Gereja yang memiliki banyak masalah mulai dari skandal pelecehan seksual hingga tuduhan korupsi di bank Vatikan menjadi beban yang terlalu berat bagi Benediktus, 85, yang kini dikenal sebagai Paus Emeritus.

Masalah-masalah itu kini menanti untuk ditangani oleh penerusnya, begitu ia terpilih.

Pintu terkunci

Selasa pagi akan didominasi dengan Misa "untuk Pemilihan Paus" pada pukul 10:00 waktu setempat di Basilika Santo Petrus.

Di sore hari, 115 kardinal-pemilih akan masuk ke Kapel Sistina untuk melaksanakan konklaf rahasia untuk memilih pengganti Benediktus XVI.

Begitu mereka telah mengucapkan sumpah kerahasiaan, Monsignor Guido Marini, pemimpin upacara kepausan, akan mengatakan "Extra omnes" atau "Semua orang keluar" dan pintu-pintu kapel akan dikunci untuk orang luar.

Para kandidat yang disebut-sebut memiliki peluang besar antara lain Kardinal Angelo Scola dari Milan, Odilo Scherer dari Brasil dan Kardinal AS Timothy Dolan, meski ia mengatakan pada seorang wartawan bahwa siapa pun yang berpikir ia punya peluang mungkin sedang "menghisap mariyuana."

Halaman
12
Editor: Dion_Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help