TribunManado/

Wirabumi : Alkohol Bikin Pemuda Sulut Gagal Dapat Kerja

Wirabumi : Alkohol Bikin Pemuda Sulut Gagal Dapat Kerja

Laporan Wartawan Tribun Manado, Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tak sedikit calon tenaga kerja di Sulut tidak bisa mendapatkan pekerjaan lantaran faktor kesehatan. Sebagian diantaranya karena pernah atau pengonsumsi minuman beralkohol.

Hal tersebut diungkapkan General Manager (GM) PT PLN Suluttenggo Wirabumi. Ini berdasarkan pengalaman perusahaan yang dipimpin saat mengadakan rekrutemen karyawan untuk operator peralatan.

Hampir dua kali perusahaan plat merah tersebut mengadakan rekrutmen namun tak tepenuhi juga kebutuhanya. Hingga penerimaan pegawai sampai tiga kali untuk lulusan SMK/SMA tersebut.

"Pada rekrutemen pertama hanya 23 yang lolos, sementara yang kedua kali 17 orang. Mereka gagal lantaran masalah kesehatan," kata dia saat seminar tentang sosialisasi bahaya penyalahgunaan Miras di Hotel Gran Puri, Jumat (18/2/2011).

Pada seminar yang digagas Ketua DPRD Sulut Meiva Salindeho tersebut mengemuka usulan-usulan untuk perbaikan atau revisi peraturan daerah antimabuk. Tampil sebagai pembicara Kapolda Sulut Brigjen Carlo Brix Tewu, Relawan Sulut Nyaman (RSN) Tenny Assa, Kadis Perindag Sulut Sunny Parengkuan, Meiva Salindeho dengan moderaor Ketua Gerakan Anti Narkoba (Granat) Pdt Billy Johanis.

Pada sesi tanya jawab terjadi diskusi yang hangat terkait keberadaan cap tikus. Problema yang mengemuka adalah minum cap tikus tak terkontrol bisa menimbulkan permasalahan. Banyak korban lantaran tindak kriminilitas atau lakalantas yang sebagian pelakunya dalam pengaruh minuman keras.

Menurut Pemimpin Bank Indonesia (BI) Ramlan Ginting harus ada diversifikasi produk dari olahan saguer. Ini bisa sebagai solusi agar petani cap tikus tetap bisa bertahan dengan menghasilkan produk lain selain cap tikus.

Kata dia, BI akan membantu para petani cap tikus jika memang produk-produk tersebut punya daya jual. "Kami akan memberikan kredit-kredit untuk keperluan usaha mereka," kata Ramlan kepada Tribun Manado usai acara sosialisasi.

Penulis: Edi Sukasah
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help