Kanal

Satgas Hentikan 10 Entitas Tak Berizin: Saatnya Beli Saham Murah

Pantau saham - kontan

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi kembali menemukan kegiatan usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dan berpotensi merugikan masyarakat.

Kali ini, sebagian besar dari entitas ilegal tersebut adalah perusahaan pialang berjangka.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing, dalam keterangan resmi Jumat (7/9) lalu, memperbarui daftar entitas investasi ilegal yang dihentikan kegiatan usahanya. Terdapat 10 entitas ilegal yang ditemukan oleh Satgas (lihat tabel).

Adapun, sepanjang tahun ini, Satgas Waspada Investasi mengindentifikasi sebanyak 108 entitas ilegal. "Satgas telah melakukan analisis terhadap kegiatan usaha entitas tersebut dan berdasarkan aturan hukum yang berlaku menyatakan bahwa entitas tersebut harus menghentikan kegiatannya" kata Tongam.

Penasihat perencana keuangan Eko Endarto menilai, maraknya entitas investasi ilegal terjadi karena pengetahuan masyarakat belum memadai soal investasi.

Menurut dia, keinginan masyarakat mengembangkan nilai asetnya lebih tinggi, tidak diimbangi dengan pemahaman.

"Masyarakat lebih kenal perbankan, sehingga tawaran imbal hasil atau bunga itu dianggap menarik dan sama dengan investasi," ujar Eko. Padahal, tawaran investasi dengan imbal hasil terlalu tinggi, melampaui bunga maksimal perbankan bahkan bunga obligasi, mesti diwaspadai.

Daftar Entitas Usaha Ilegal Versi Satgas

Nama Entitas
Kegiatan Usaha

PT Investasi Asia Future
Pialang Berjangka tanpa izin

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer